Daftar Negara Penghasil Batu Bara Terbesar di Dunia, Indonesia Termasuk Gaes

Daftar Negara Penghasil Batu Bara Terbesar di Dunia, Indonesia Termasuk Gaes

Daftar Negara Penghasil Batu Bara Terbesar di Dunia, Indonesia Termasuk Gaes

Negara dengan penghasil batu bara terbesar di dunia (Foto Ilustrasi: Pixabay)


Ini dia daftar negara penghasil batu bara terbesar di dunia, dimana Indonesia termasuk dalam daftar ini gaes. 

Seperti yang diketahui, batu bara sampai sekarang masih tetap menjadi sumber pembangkit listrik terbesar di dunia di tengah upaya global dalam mengurangi penggunaan batu bara.

Badan Energi Internasional atau IEA pada 2019 mengatakan bahwa batu bara memegang 38 persen dari keseluruhan pangsa sumber pembangkit listrik global gaes.

Dari tahun ke tahun, produksi batu bara di dunia pun meningkat, terhitung sejak 2016 lalu. Bahkan, cadangan batu bara global juga tercatat ada lebih dari satu triliun ton lho gaes. Woww!  

Dari data IEA menunjukkan total produksi batu bara dunia berhasil mencapai 7,9 miliat ton pada 2019 gaes. Capaian ini merupakan tertinggi sejak tahun 2014.

Namun sayangnya, dari data pada awal tahun 2020 lalu sejak adanya pandemi COVID19 menunjukkan ada penurunan produksi batu bara global sebesar 6,5 persen karena minimnya permintaan gaes. Tapi pada tahun 2021 ini diperkirakan bakal ada peningkatan lagi menjadi 7,6 juta ton.

BACA JUGA: Ini Daftar Aplikasi Penghasil Uang yang Cocok Buat Kaum Rebahan Kayak Kamu

Lalu negara mana saja kah penghasil batu bara terbesar di dunia? Daripada penasaran, ini dia daftarnya berdasarkan rangkuman dari Tim KUYOU.id berikut ini. 

1. Tiongkok (3,7 Miliar Ton )

Negara Tiongkok berhasil mendominasi produksi batu bara secara global dan menyumbang hampir 47 persen dari seluruh produksi di dunia selama tahun 2019 lho gaes. Pasalnya, Tiongkok menghasilkan hampir 3,7 miliar ton batu bara pada periode ini.

Produksi batu bara Negara Tirai Bambu ini pada tahun itu mengalami peningkatan pertumbuhan sebesar 4 persen gaes.

2. India (783 Juta Ton)

Negara penghasil batu bara terbesar di dunia nomor dua adalah India gaes. India memproduksi 783 juta ton pada tahun 2019. Angka ini hampir 10 persen dari total pangsa batu bara global lho gaes.

BACA JUGA: Tips dan Trik Ampuh Kelola Penghasilan yang Sedikit, Dijamin Tetap Cukup Gaes

Pada tahun 2020 lalu, Pemerintah India sudah memfinalisasi rencana membuka cadangan batu bara negara untuk dikembangkan di sektor swasta gae. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan produksi domestik dan mengurangi ketergantungan India terhadap impor.

3. Amerika Serikat (649 Juta Ton)

Selanjutnya negara penghasil batu bara terbesar di dunia adalah Amerika Serikat gaes. Namun sayangnya, beberapa  tahun terakhir ini dan pada tahun 2019 produksi batu bara Amerika Serikat sudah mengalami penurunan gaes, yaitu berada di level 649 juta ton pada level paling rendah. 

Hal ini terjadi karena adanya kompetisi dari gas alam murah dan meningkatnya penggunaan energi terbarukan sehingga mengurangi permintaan energi fosil dari sektor energi domestik gaes.

4. Indonesia (616 Juta Ton)

Negara Indonesia berhasil mencetak rekor produksi bati bara lokal sebesar 616 juta ton selama tahun 2019 lho gaes.

Bahkan, Indonesia juga menjadi satu dari benyaknya negara eksportir batu bara di dunia dengan Tiongkok dan India sebagai dua pemain dalam perdagangan batu bara global gaes.

Namun sayang, pandemi COVID19 mempengaruhi produksi batu bara Indonesia akibat minimnya permintaan pasar. Makanya, nggak heran kalau kemudian produksi batu bara Indonesia pada periode 2020 menurun jadi 563 juta ton gaes.

5. Australia (550 Juta Ton)

Pada tahun 2019, Australia berhasil memproduksi 550 juta ton batu bara dimana lebih dari setengahnya merupakan batu bara termahal dan lebih dari sepertiganya metalurgi gaes.

Jumlah ini meningkat 3,4 persen secara tahunan, sehingga hasil ini semakin meneguhkan posisi Australia sebagai pemain dominan dalam produksi dan ekspor batu bara metalurgi dunia yang sebagian dipakai untuk industri pembuatan baja di Tiongkok gaes. 

BACA JUGA: Daftar Negara Penghasil Beras Terbesar di Dunia, Indonesia Termasuk Gaes

Nah, itu dia gaes daftar negara dengan penghasil batu bara terbesar di dunia, dimana Indonesia menempati urutan ke-4 gaes.




Negara Penghasil Batu Bara TerbesarNegara Penghasil Batu Bara Terbesar DuniaDaftar Negara Penghasil Batu BaraIndonesia Penghasil Batu Bara TerbesarPenghasil Batu Bara TerbesarNegara Penghasil Batu BaraNegara Batu Bara

Share to: