Bacaan Doa Qunut Sholat Subuh dan Witir Lengkap Dengan Arti dan Maknanya

Bacaan Doa Qunut Sholat Subuh dan Witir Lengkap Dengan Arti dan Maknanya

Bacaan Doa Qunut Sholat Subuh dan Witir Lengkap Dengan Arti dan Maknanya

Kolase Foto Muslim tengah berdoa Qunut (Foto: Pexels)


Buat kamu yang belum tahu, simak yuk bacaan doa qunut sholat subuh dan witir, lengkap dengan arti dan maknanya juga gaes. 

Doa qunut biasanya dibaca saat melaksanakan salat subuh, salat witir di bulan Ramadhan. Qunut sendiri memiliki banyak arti, salah satunya adalah berdiri. 

BACA JUGA: Arti dan Niat Doa Sahur Lengkap Dengan Bacaan Juga Terjemahannya

Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda, 'salat yang paling utama adalah yang lama berdirinya.' (HR Muslim).

Doa Qunut sendiri merupakan doa yang dipanjatkan saat berdiri tegak dari ruku'. Hukumnya adalah sunnah, karena qunut tak termasuk dalam rukun maupun syarat sah shalat. 

Berikut adalah doa Qunut sholat subuh dan witir, lengkap dengan arti dan maknanya. 

Doa Qunut sholat shubuh

Doa qunut subuh dibaca pada rakaat kedua, pada saat iktidal atau berdiri setelah rukuk dan sebelum sujud pertama. Pada saat membaca doa qunut, posisikan tanganmu seperti orang yang sedang berdoa. 

Bacaan doa qunut subuh:

اَللّٰهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ , وَعَافِنِي فِيْمَنْ عَافَيْتَ ,وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ ,وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ

وَقِنِيْ شَرَّمَا قَضَيْتَ، فَإِنَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ, وَإِ نَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ , لاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ , تَبَارَكْت رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ

فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ ,أَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ ,وَصَلَّى اللّهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّم

"Allâhummahdinî fîman hadait, wa ‘afinî fîman ‘âfait, wa tawallanî fîman tawallait, wa bârik lî fîmâ a‘thait, wa qinî syarramâ qadhait. Fa innaka taqdhî wa lâ yuqdhâ ‘alaik, wa innahû lâ yadzillu man wâlait, wa lâ ya‘izzu man ‘âdait. Tabârakta rabbanâ wa ta‘âlait. Fa lakal hamdu ‘alâmâ qadhait. Astaghfiruka wa atûbu ilaik. wa shallallâhu ‘alâ sayyidinâ muhammadin nabiyyil ummiyyi wa ‘alâ âlihi wa shahbihi wa sallam."

Arti dan makna doa qunut

“Ya Allah, tunjukkanlah akan aku sebagaimana mereka yang telah Engkau tunjukkan. Dan berilah kesihatan kepadaki sebagaimana mereka yang engkau telah berikan kesihatan. Dan peliharalah daku sebagaimana orang yang telah engkau peliharakan. Dan berilah keberkatan bagiku pada apa-apa yang telah Engkau karuniakan. Dan selamatkan aku dari bahaya kejahatan yang Engkau telah tentukan. Maka sesungguhnya Engkaulah yang menghukum dan bukan kena huku. Maka sesungguhnya tidak hina orang yang Engkau pimpin. Dan tidak mulia orang yang Engkau memusuhinya. Maha suci Engkau wahau Tuhan kami dan Maha tinggi Engkau. Maha bagi Engkau segala pujian di atas yang Engkau hukumkan. Ku memohon ampun dari Engkau dan aku bertaubat kepada Engkau. (Dan semoga Allah) mencurahkan rahmat dan sejahtera ke atas junjungan kami Nabi Muhammad, keluarga dan sahabatnya."

Doa Qunut sholat witir 

  

Doa qunut salat witir dilakukan saat terakhir dalam shalat, setelah ruku (Iktidal) dan sebelum sujud pertama dalam rakaat itu. Pada saat membaca doa Qunut salat witir posisikan kedua tangan terangkat seperti berdoa. 

Bacaan doa qunut witir:

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَنَا وَلِلْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَالْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَأَلِّفْ بَيْنَ قُلُوبِهِمْ وَأَصْلِحْ ذَاتَ بَيْنِهِمْ وَانْصُرْهُمْ عَلَى عَدُوِّكَ وَعَدُوِّهِمْ

اَللَّهُمَّ الْعَنْ كَفَرَةَ أَهْلَ الْكِتَابِ الَّذِيْنَ يَصُدُّونَ عَنْ سَبِيْلِكَ وَيُكَذِّبُونَ رُسُلَكَ وَيُقَاتِلُونَ أَوْلِيَائَكَ

اَللَّهُمَّ خَالِفْ بَيْنَ كَلِمِهِمْ وَزَلْزِلْ أَقْدَامَهُمْ وَأَنْزِلْ بِهِمْ بَأْسَكَ الَّذِيْ لاَ تَرُدُّهُ عَنِ الْقَوْمِ الْمُجْرِمِيْنَ

""Allahummaghfir lanaa wa lil mu'miniina wal mu'minaati ql muslimiina wal muslimaati wa allif baina qulubihim wa allif baina quluubihim wa ashlih dzaata bainihim wanshurhum alaa aduwwika wa aduwwihim.

Allahummal'an kafarata ahlal kitaabi alldziina yashudduuna'an sabiilika wa yukaddzibuuna rusulaka wa yuqaatiluuna auliyaaika.

Allahumma khaaliif baina kalimihi wa zalzil aqdaamahum wa anzil bihim ba'sakal ladzii la tarudduhuu anil qaumi mujrimiin."

Artinya: 

Artinya: Artinya: "Ya Allah, ampunilah kami kaum mukminin dan mukminat. Perbaikilah hubungan kami dan jauhkan dari permusuhan. Melaknat orang-orang yang ingin menghalangi dan mendustakan segala utusan ya Allah. Cerai-beraikanlah kesatuan mereka, serta berikanlah azab yang pedih pada mereka atas segala perbuatan jahat yang pernah dilakukan. 

BACA JUGA: Gak Banyak yang Tahu, Ini Keajaiban Doa Iftitah Saat Dibaca

Nah itulah doa qunut sholat subuh dan witir, lengkap dengan arti dan maknanya juga gaes. 




Doa Qunut Sholat SubuhDoa Qunut Sholat WitirBacaan Doa QunutBacaan Doa Qunut WitirArti dan makna Doa Qunut

Share to: