Ini Perbedaan Makruh dan Sunnah dalam Agama Islam, Dijamin Tambah Pintar Gaes

Ini Perbedaan Makruh dan Sunnah dalam Agama Islam, Dijamin Tambah Pintar Gaes

Ini Perbedaan Makruh dan Sunnah dalam Agama Islam, Dijamin Tambah Pintar Gaes

Kolase Foto Perbedaan Makruh dan Sunnah (Foto: dok. Istimewa)


Ternyata masih banyak orang di Indonesia yang justru salah paham dengan kata-kata Makruh dan juga Sunnah dalam agama Islam lho. Apakah artinya? Ini perbedaan yang dirangkum oleh Tim KUYOU.id khusus untuk kalian. 

Agama Islam menjadi mayoritas di Indonesia gaes. Hal ini dikarenakan hampir 70 persen orang-orang adalah muslim. Sehingga budaya muslim yang ada menjadi pengaruh yang sangat besar.

BACA JUGA: Apa Betul Olahraga Saat Puasa itu Baik? Cek Faktanya Disini Gaes

Satu hal yang menjadi dasar ketika orang ingin memeluk agama Islam adalah dirinya sendiri harus tahu mengenai aturan yang berlaku dan memahami dengan baik apa itu haram, sunnah, wajib dan juga makruh lho. 

Namun masih saja ada orang yang belum mengetahui benar-benar maksud dari Sunnah dan juga Makruh gaes. Memang terlihat mirip, sayangnya kedua hal tersebut sangatlah berbeda, yuk kita bahas. 

Perbedaan antara makruh dan sunnah

Dalam agama Islam, terdapat beberapa yang disebut wajib, sunnah, makruh, mubah dan juga haram. Kata-kata tersebut mempunyai arti yang berbeda dan berisikan hal yang beda pula gaes. 

BACA JUGA: 5 Tempat Ngabuburit dan Bukber di Jakarta, Puasa Jadi Asik Gaes

Bahkan dalam agama Islam, wajib sendiri dibagi menjadi 4 bagian, yaitu wajib dalam waktu pelaksanaan, wajib untuk orang yang melaksanakan, wajib berdasarkan ukuran atau kadar pelaksanaannya dan terakhir wajib karena perintah. 

Hal yang paling sering banget salah adalah masalah sunnah dan juga makruh gaes. Orang-orang suka menganggap jika makruh sama seperti sunnah, padahal kedua kata tersebut mempunyai arti yang berbeda lho. 

Sunnah sendiri diartikan perbuatan yang dianjurkan, sehingga dilakukan tidak berdosa tapi dilakukan akan mendapatkan sebuah pahala. Sedangkan Makruh artinya sebuah larangan terhadap sesuatu yang sifatnya tidak pasti.

Jadi Makruh sendiri diartikan sebagai larangan dan tidak dianjurkan untuk diikuti gaes. Contohnya merokok yang dicap sebagai Makruh karena dianggap buruk namun tidak ada dalilnya sehingga diberikan label makruh. 

BACA JUGA: 7 Pemain Bola Top Eropa yang Puasa di Bulan Ramadhan Gaes

Itu dia gaes perbedaan makruh dan juga sunnah dalam sebuah agama Islam yang akan membuat kalian semakin teredukasi lebih baik. Jika kamu ingin melihat berita lainnya, langsung saja cek di KUYOU.id. 




perbedaan makruh dan sunnahmakruhsunnahmakruh dan sunahperbedaan makruh sunnahmakruh sunnaharti makruharti sunnah

Share to: