Mengenal Cara Nabi Muhammad Menjalani Puasa Ramadhan, Ibadah Jadi Kunci Utama Gaes

Mengenal Cara Nabi Muhammad Menjalani Puasa Ramadhan, Ibadah Jadi Kunci Utama Gaes

Mengenal Cara Nabi Muhammad Menjalani Puasa Ramadhan, Ibadah Jadi Kunci Utama Gaes

Kolase Foto Orang Menjalani Puasa seperti Nabi Muhammad (Foto: YouTube)


Ternyata gaes, bagi kamu yang ingin menjalani puasa harus lihat cara Nabi Muhammad agar bulan Ramadhan kali ini jadi berkah. Bagaimana caranya? Berikut rangkuman Tim KUYOU.id khusus untuk kalian. 

Bulan puasa kali ini memang menjadi hal yang paling berbeda karena kita merayakannya di tengah pandemi COVID19 gaes. Banyak sekali hal yang tidak bisa dilakukan seperti keliling untuk sahur dan lain sebagainya. 

BACA JUGA: Kisah Teladan: Amalan Sunnah Nabi Muhammad Selama Bulan Puasa Ramadhan

Namun ada juga beberapa hal yang masih bisa dilakukan seperti ngabuburit dan juga buka puasa bersama, karena beberapa restoran justru buka untuk bulan puasa seperti ini lho. Vibes-nya masih terasa gaes. 

Nabi Muhammad sebagai junjungan seluruh umat Islam pastinya memberikan sebuah cara untuk para muslim menjalani puasa Ramadhan. Tentu saja jika diikuti akan menambah khusyuknya puasa kali ini gaes. 

Cara Nabi Muhammad menjalani puasa Ramadhan

Untuk mejalani puasa seperti Nabi Muhammad sangatlah mudah dan semua orang bisa meenjalaninya gaes. Hal yang dibutuhkan hanya sebuah konsistensi agar tidak bolong-bolong puasanya. 

BACA JUGA: Ini Daftar Artis yang Putuskan Jadi Mualaf dan Jalani Puasa Ramadhan Pertama

Hal yang pertama dilakukan oleh Nabi Muhammad sebelum berpuasa adalah dimana beliau berniat terlebih dahulu gaes. Hal tersebut dikarenakan menurut Rasulullah SAW bersabda dalam hadis riwayat Abu Dawud: "Barang siapa yang tidak berniat untuk puasa Ramadhan sejak malam, maka tak ada puasa baginya.".

Setelah itu Nabi Muhammad langsung mengawali puasa dengan sahur terlebih dahulu gaes. Beliau juga mengakhirinya dengan minum beberapa gelas air putih saat menjelang datangnya imsak lho. 

Setelah itu Nabi Muhammad langsung menyegerakan diri untuk berbuka dan sholat ketika sudah memasuki waktunya. Beliau hanya makan tiga buah kurma saja dan langsung melaksanakan ibadah wajib gaes. 

Dalam bulan puasa juga Nabi Muhammad tidak hanya berpuasa biasa aja, namun beliau justru memperbanyak ibadah selama Ramadhan, mulai dari sholat, mengaji, zikir, tasbih, dan sedekah lho. 

Terakhir yang dilakukan oleh Nabi Muhammad dalam bulan puasa kali ini adalah biasanya beliau suka melakukan iktikaf di 10 hari terakhir bulan Ramadhan gaes. 

BACA JUGA: Apa Betul Olahraga Saat Puasa itu Baik? Cek Faktanya Disini Gaes

Agar puasanya kali ini berkah, kamu bisa mencontoh apa yang dilakukan Nabi Muhammad ya gaes. Lakukan dengan ikhlas dan konsisten agar semuanya mendapat ridho Allah SWT. 




puasapuasa bulan ramadhannabi muhammadcara nabi muhammad puasacara nabi muhammad jalani puasanabi muhammad puasacara nabi puasa

Share to: