Kisah Teladan: Amalan Sunnah Nabi Muhammad Selama Bulan Puasa Ramadhan

Kisah Teladan: Amalan Sunnah Nabi Muhammad Selama Bulan Puasa Ramadhan

Foto

Kolase Foto Orang Berdoa dan Buka Puasa (Foto: dok. Istimewa)


Ini merupakan sebuah kisah teladan dari Nabi Muhammad bagaimana beliau memberikan sebuah amanah sunnah yang bisa dilakukan saat bulan puasa gaes. Apakah itu? Berikut rangkuman dari Tim KUYOU.id. 

Seperti yang kita ketahui jika bulan puasa menjadi bulan yang sangat ditunggu semua umat Islam yang ada di seluruh dunia gaes. Banyak banget orang yang berlomba untuk meningkatkan pahala selama Ramadhan ini. 

BACA JUGA: Ini Daftar Artis yang Putuskan Jadi Mualaf dan Jalani Puasa Ramadhan Pertama

Tidak hanya itu, Nabi Muhammad juga menganjurkan beberapa hal yang baik untuk dilakukan oleh umat Islam ketika sedang berpuasa. Tentunya akan menambah pahala kita semua gaes. 

Hal tersebut adalah Amanah Sunnah yang harus dijaga dengan baik. Nabi Muhammad sangat menganjurkan ini karena beliau juga melakukannya lho. Tujuannya selain pahala juga mendapatkan ridho Allah SWT.

Berikut ini merupakan rangkuman dari Tim KUYOU.id mengenai amalan sunnah Nabi Muhammad yang boleh dilakukan ketika bulan puasa gaes. 

BACA JUGA: Apa Betul Olahraga Saat Puasa itu Baik? Cek Faktanya Disini Gaes

Sahur ternyata sebuah berkah lho

Dalam sebuah hadis riwayat Bukhari mengatakan "Bersantap sahurlah kalian, karena dalam sahur itu ada keberkahan", artinya setiap orang yang ingin melakukan puasa diperbolehkan untuk melakukan sahur karena ada keberkahan didalamnya. 

Buka puasa harus didahulukan

Masih banyak orang yang menunda untuk buka puasa karena masalah pekerjaan dan lain sebagainya, padahal ketika sudah waktunya berbuka, harus dibatalkan terlebih dahulu gaes. Hal ini dikarenakan ada kebaikan didalamnya. 

Menahan berbicara yang tidak baik

Satu hal yang pasti untuk kalian pahami ketika sedang melakukan puasa adalah harus banget menjaga perkataan agar tidak menyakiti dan gosip lho. Hal ini akan mengurangi pahala kita semua kalau dilakukan. 

Melakukan sedekah secukupnya dan ikhlas

Sedekah bisa kamu lakukan kepada orang-orang yang membutuhkan gaes. Hal tersebut  dibicarakan dalam sebuah hadis riwayat Ahmad mengatakan "Siapa saja yang memberi makanan berbuka kepada seorang yang berpuasa, maka dicatat baginya pahala seperti orang puasa itu, tanpa mengurangi sedikit pun pahala orang yang berpuasa tersebut". 

Perbanyak ibadah untuk meningkatkan iman

Puasa memang menjadi ladang untuk orang-orang meningkatkan ibadah mereka gaes. Sehingga umat muslim harus memperbanyak sholat dan juga mengaji. Dalam bulan Ramadhan, kebaikan kecil akan menjadi pahala yang besar buat kita. 

BACA JUGA: 5 Tempat Ngabuburit dan Bukber di Jakarta, Puasa Jadi Asik Gaes

Itu dia gaes, amalan sunnah Nabi Muhammad yang boleh dilakukan ketika bulan puasa ramadhan seperti ini lho. Jika kamu ingin melihat berita lainnya mengenai artis kesayanganmu, langsung saja cek di KUYOU.id. 




sunnah nabiamalan sunnah nabi muhammadamalan sunnah nabi muhammad saat puasasunnah nabi muhammad saat puasapuasabulan puasa ramadhan

Share to: