Masih Terus Dicari, Ini Sejarah dan Penyebab Kapal Selam Nanggala-402 Hilang Kontak

Masih Terus Dicari, Ini Sejarah dan Penyebab Kapal Selam Nanggala-402 Hilang Kontak

Masih Terus Dicari, Ini Sejarah dan Penyebab Kapal Selam Nanggala-402 Hilang Kontak

Kapal Selam Nanggala-402 (Foto: Berbagai Sumber)


KRI Nanggala-402 dikabarkan hilang kontak sejak Rabu, 21 April 2021. Hingga saat ini, kapal selam tersebut masih dicari gaes!

Upaya pencarian, termaksud oleh TNI Angkatan Laut terus dilakukan . Bahkan sejumlah negara tetangga seperti Australia hingga Singapura ikut memberikan bantuan untuk menyari kapal selam yang tengah melakukan latihan di Laut Bali ini.

Yuk simak penyebab Kapal Selam Nanggala-402 hilang kontak, sulit dicari hingga fakta dan sejarahnya berikut ini!

Kapal Selam Nanggala-402 Tengah Lakukan Pelatihan

Diketahui bahwa KRI Nanggala-402 rencananya digunakan untuk melakukan latihan penembakan rudal di Laut Bali.

Baca Juga: Fakta-fakta Kapal Selam TNI AL Hilang Kontak di Perairan Bali, Belum Ditemukan?

Sayangnya, kapal selam yang membawa sekitar 53 awak ini terjadi hilang kontak. Sementara itu, cadangan oksigen hanya bertahan selama 72 jam.

Lebih dari 72 jam, kapal selam yang hilang dinyatakan dalam kondisi black out. Kejadian ini menjadi insiden terbaru yang terjadi kepada tragedi kapal selam di seluruh dunia. 

Sejarah Kapal Selam Nanggala-402 

KRI Nanggala-402 merupakan kapal selam dengan tipe 209/1300. Kapal selam ini dibuat di Kiel, Jerman Barat.

Jadi perhatian masyarakat, ternyata Nanggala-402 ini dipesan oleh pemerintah Indonesia pada tahun 1977 dan mulai aktif digunakan pada 1981.

Baca Juga: Fakta dan Profil Miha Nika, Bule Rusia yang Viral Beradegan Porno di Gunung Batur Bali

Nanggala-402 menggunakan sistem daya dorong yang berintikan motor diesel-elektrik Siemens low-speed. Tenaga kerjanya diketahui secara langsung disalurkan ke baling-baling di buritan.

Gak hanya KRI Nanggala-402, Indonesia juga masih memiliki 4 kapal selam lainnya yang masih aktif digunakan yakni KRI Cakra-401, KRI Ngapasa-403, KRI Ardadedali-404, dan KRI Alugoro-405 gaes.

Penyebab Kapal Selam Nanggala-402 Masih Belum Ditemukan

Hingga saat ini pencarian kapal selam Nanggala-402 masih terus dilakukan oleh TNI Angkatan Laut dan bantuan dari beberapa negara tetangga, Australia dan Singapura.

Hilang kontak sejak hari Rabu, 21 April 2021, Angkatan Laut Amerika Serikat (US Navy) ungkap kenapa kapal selam Indonesia ini sulit ditemukan.

Dia mengatakan bahwa kapal selam akan sangat sulit ditemukan ketika bermasalah atau jatuh tenggelam.

Menurutnya, kapal selam digunakan untuk diam-diam menyusup ke perairan musuh. Mereka akan menembakkan rudal dengan target darat menggunakan rudal jelajah dan balistik.

Gak semua kapal selam bisa menyelesaikan setiap misi gaes. Namun hal yang terpenting adalah teknologi siluman yang harus dimiliki.

Baca Juga: Fakta dan Profil Hagamars, Kreator TikTok Ganteng yang Dianggap Lecehkan Kaum Perempuan

Selain itu, diketahui bahwa Nanggala-402 ini dipesan oleh pemerintah Indonesia pada tahun 1977 dan mulai aktif digunakan pada 1981. Diusianya yang cukup tua, kapal selam yang satu ini mungkin gak memiliki beberapa fitur penting yang dimiliki oleh kapal baru.

Angkatan Laut Indonesia juga mengatakan bahwa kemungkinan kapal selam itu tenggelam hingga kedalaman lebih dari 2.000 kaki. Hal ini tentu saja akan mempersulit pencarian lebih lanjut.




Nanggala 402Update Nanggala 402KRi Nanggala 402Kapal Selam Nanggala 402Update Kapal Selam NanggalaSejarah Nanggala 402Fakta Nanggala 402Penyebab Nanggala 402 Hilang Kontak

Share to: