Erick Thohir Dorong Pemuda Pimpin BUMN untuk Negeri, Pengejawantahan Pesan Soekarno?

Erick Thohir Dorong Pemuda Pimpin BUMN untuk Negeri, Pengejawantahan Pesan Soekarno?

Foto

Kolase Foto Erick Thohir yang Ingin Dorong Pemuda Pimpin BUMN untuk Negeri (Foto: Instagram/@bumnmuda)


Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, ingin mendorong para pemuda untuk memimpin perusahaan BUMN melalui program BUMN Muda.

Karena menurutnya, generasi pemuda sekarang bisa menjadi energi baru dalam memajukan dan mengembangkan BUMN untuk negeri gaes. 

Keinginan Menteri BUMN Erick Thohir ini rupaya dinilai seperti pengejawantahan dari pesan yang diucapkan Sang Proklamator Ir. Soekarno gaes, yaitu "Beri aku 100 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncang dunia".

Kata-kata ini menunjukkan harapan bahwa masa depan sebuah peradaban atau bangsa itu ditemukan oleh para generasi muda saat ini gaes.

BACA JUGA: Fakta Dibalik BUMN Muda Live, Erick Thohir Uji Kesiapan Pemuda BUMN

Selain itu, Erick juga berharap bahwa komunitas BUMN Muda bisa menjadi wadah para Sumber Daya Manusia (SDM) bagi pemuda yang memiliki kualitas tinggi di perusahaan BUMN untuk menyatukan gagasan, mengembangkan potensi, termasuk meningkatkan kompetisi gaes.

Generasi Muda Bukan Beban dan Ancaman

Bahkan Erick menegaskan, generasi muda bukanlah beban ataupun ancaman, melainkan inspirasi, energi dan penggerak dalam kemajuan dan transformasi BUMN, khususnya di era digital saat ini.

BACA JUGA: Dorong Pemimpin Milenial Lewat Program BUMN Muda, Erick Thohir Tekankan Pentingnya Bekerja Pakai AKHLAK

"Generasi muda bukan beban, apalagi ancaman, tetapi justru jadi inspirasi, energi dan penggerak kemajuan dan transformasi BUMN. Terutama di era digital dan dengan tuntunan dunia yang semakin kompetitif," kata Erick Thohir dalam channel YouTube BUMN Muda yang bertema Erick Thohir Menyapa Fast Break Menuju Generasi Emas BUMN yang tayang secara live, pada Senin 14 Juni 2021.

Pembentukan BUMN Muda sejalan dengan agenda dan target transformasi human capital. Hal ini sebagaimana ditetapkan oleh Menteri BUMN Erick Thohir dalam meningkatkan presentase generasi pemuda BUMN di bawah 42 tahun di jajaran BoD dan BoD-1 BUMN sebanyak minimal 5 persen pada tahun 2021, kemudian tahun 2023 sebanyak 10 persen.

Dorong Pemuda Pimpin BUMN untuk Negeri

Kemudian, Erick pun mengungkapkan bahwa ada tiga hal yang bisa mendorong generasi pemuda memimpimpin BUMN untuk negeri, termasuk memberikan kesempatan untuk berkontribusi sebagai pemikir dan pimpinan gaes.

BACA JUGA: Erick Thohir Rangkul Milenial BUMN Tuk Lalui Road Map 4.0, Apa Aja Sih?

"Keseriusan saya untuk mendorong kepemimpinan muda di jajaran pimpinan harap ditindaklanjuti dari 3 sisi. Pertaman policy, lingkungan dan budaya kerja yang mendukung. Kedua, pengembangan kapasitas lewat pelatigan dan mentoring. Ketiga, ini yang penting, kesempatan, kesempatan, kesempatan. Berikan generasi muda kesempatan unruk berkontribusi tidak hanya sebagai eksekutor, tetapi pemikir dan pemimpin," tambahnya.




Erick ThohirPemuda Pimpin BUMNBUMN MudaErick Thohir Dorong Pemuda Pimpin BUMNPemimpin Muda Untuk NegeriBUMNPesan SoekarnoGenerasi Pemuda Energi BaruBUMN Untuk Negeri

Share to: