Erick Thohir Rangkul Milenial BUMN Tuk Lalui Road Map 4.0, Apa Aja Sih?

Erick Thohir Rangkul Milenial BUMN Tuk Lalui Road Map 4.0, Apa Aja Sih?

Erick Thohir Rangkul Milenial BUMN Tuk Lalui Road Map 4.0, Apa Aja Sih?

Kolase Foto Erick Thohir Rangkul Milenial BUMN Tuk Lalui Road Map 4.0 (Foto: Instagram/@bumnmuda)


Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menekankan, bahwa generasi milenial BUMN harus dirangkul untuk melalui peta jalan atau roap map 4.0

Pasalnya, transformasi dari industri tradisional menuju Industri 4.O sangat memerlukan roap map, karena menurutnya hal ini bukan hanya sekedar bicara tentang menjadi Industri 4.0 saja gaes.

BACA JUGA: Fakta Dibalik BUMN Muda Live, Erick Thohir Uji Kesiapan Pemuda BUMN

"Bagaimana (transformasi) dari industri tradisional ke Industri 4.0 itu ada peta jalannya atau roap map, bukan sekedar hanya bicara jadi Industri 4.0," kata Erick Thohir dalam channel YouTube BUMN Muda yang bertema Erick Thohir Menyapa Fast Break Menuju Generasi Emas BUMN yang tayang secara live, pada Senin 14 Juni 2021.

Minta Ada Konektivitas Secara Terbuka

Maka dari itu, Erick pun benar-benar meminta secara terbuka ada konetivitas antara SDM senior dan junior BUMN gaes. Karena menurutnya, jika ada perusahaan BUMN yang bangkrut pasti akan banyak orang yang kehilangan pekerjaanya.

"Kenapa? Kalau kita jadi dinosaurus, BUMNnya bangkrut semua dan beberapa banyak orang kehilangan pekerjaan dan beberapa banyak public service yang hilang kepada perlindungan masyarakat yang kurang mampu," tambah Erick.

Dorong Himbara dan Telkom Maju

Selain meminta kepada Himbara dan Telkom, salah satu klaster yang dapat beradaptasi dengan pasar terbuka yang bisa berkelanjutan atau sustain, Erick juga terus mendorong Himbara dan Telkom agar terus maju dan berkembang gaes.

Tak sampai disitu, ia juga meminta agar BUMN di klaster lainnya mengikuti langkah-langkah yang sudah dilakukan Himbara dan Telkom untuk memenangkan persaingan dengan pemain asing dan swasta. Karena menurutnya salah satu poin penting dalam nilai inti dari AKHLAK adalah Amanah dan Hati gaes.

"Saya sendiri kalau mengerjakan apapun dengan hati. Saya ingin kita semua memiliki hal tersebut. Karena salah satu poin nilai inti AKHLAK itu adalah Amanah, Hati," lanjutnya.

BACA JUGA: Dorong Pemimpin Milenial Lewat Program BUMN Muda, Erick Thohir Tekankan Pentingnya Bekerja Pakai AKHLAK

Dalam penandatanganan Memorandum of Understanding (Mou) tentang pelaksanaan asesmen Indonesia Industry 4.0 Readness Index (INDI 4.0) untuk BUMN, Kementerian BUMN sebelumnya sudah menggandeng Perindustrian (Kemenperin)  untuk mengakselerasi perusahaan BUMN bertransformasi mengimplementasikan Industri 4.0 gaes.

Buat Program Making BUMN 4.0 

Untuk mendukung Making Indonesia 4.0, Erick mengatakan, bahwa Kementerian BUMN berinisiasi untuk membuat Program Making BUMN 4.0.

Pasalnya, program ini sesuai dengan salah satu prioritas Kementerian BUMN, yaitu kepemimpinan teknologi yang berisi harapan BUMN ke depan untuk mampu memimpin secara nasional dan global dalam melembagakan kapasitas digital dan sektor teknologi strategi gaes. 

BACA JUGA: Kisah Blusukan Erick Thohir ke Tasikmalaya, Lesehan Lantai Bareng Kaum Perempuan dan Diskusi UMKM

Selain itu, transformasi Industri 4.0 yang memerlukan road map juga harus diiringi dengan adanya perubahan mindset atau pola pikir. Pasalnya, bukan hanya sekedar kemampauan menggunakan teknologi, melainkan sadar akan adanya manfaat menggunakan jejak digital gaes.




Erick ThohirMilenial BUMNRoad Map 4.0Industri 4.0Generasi Milenial BUMNErick Thohir Rangkul Milenial BUMNBUMN MudaProgram Making BUMN 4.0Program BUMN MudaTransformasi Industri 4.0

Share to: