Dorong Pemimpin Milenial Lewat Program BUMN Muda, Erick Thohir Tekankan Pentingnya Bekerja Pakai AKHLAK

Dorong Pemimpin Milenial Lewat Program BUMN Muda, Erick Thohir Tekankan Pentingnya Bekerja Pakai AKHLAK

Dorong Pemimpin Milenial Lewat Program BUMN Muda, Erick Thohir Tekankan Pentingnya Bekerja Pakai AKHLAK

Kolase Foto Erick Thohir yang Dorong Pemimpin Milenial Lewat Program BUMN Muda (Foto: Instagram @bumnmuda)


Kementrian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendorong para generasi milenial untuk ikut membangun perusahaan BUMN lewat program BUMN Muda. Mentri BUMN, Erick Thohir pun menekankan pentingnya bekerja pakai AKHLAK. 

AKHLAK yang dimaksud oleh Erick Thohir adalah kepanjangan dari Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kooperatif. 

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Erick Thohir dalam acara Fast Break Menuju Generasi Emas BUMN yang digelar oleh BUMN Muda pada Senin, 14 Juni 2021 di Kreatif Hall MBLOC.

Acara tersebut juga dihadiri oleh sederet jajaran direksi perusahaan BUMN milenial hingga ketua BUMN Muda, Soleh Ayubi dan Srikandi BUMN Muda, Viviana Dyah Ayu R K.

BACA JUGA: Kisah Blusukan Erick Thohir ke Tasikmalaya, Lesehan Lantai Bareng Kaum Perempuan dan Diskusi UMKM

Generasi muda sebagai wujud kemajuan 

Menurut Erick Thohir generasi muda Indonesia merupakan sebuah wujud kemajuan, inspirasi, hingga transformasi di tubuh BUMN. Terlebih lagi di era digital. Untuk itulah, kemajuan generasi muda menjadi sangat penting bagi Indonesia. 

"Berikan generasi muda kesempatan untuk berkontribusi, tidak hanya sebagai eksekutor, tetapi pemikir, dan pemimpin," ungkap Erick Thohir pada Senin, 14 Juni 2021. 

"Saya minta para pemimpin itu legowo. Dalam arti apa, memberi kesempatan anak muda Indonesia, perempuan Indonesia menjadi bagian," kata Erick Thohir. 

BACA JUGA: Fakta-fakta Menteri BUMN Erick Thohir Blusukan ke Tasikmalaya, Tinjau UMKM dan Sekolah

Dukung Program BUMN Muda

Erick mengungkap keinginannya bahwa anak muda harus bisa membawa perubahan yang signifikan. Untuk itulah Erick juga mendukung program BUMN Muda ini.  

"Program ini harus didukung, tetapi generasi mudanya harus punya track record yang benar," tutur Erick Thohir. 

Erick Thohir pun berharap program BUMN Muda ini bisa didukung oleh para direksi BUMN. Program ini juga diharapkanbisa diimplementasikan di tubuh BUMN secara langsung bukan hanya sekedar simbolik belaka. 

"Ini yang saya mau tadi, perubahan signifikan di BUMN dan di Kementrian. Dan saya berharap ini tadi bukan hanya simbolik-simbolik, ini sesuatu yang harus diimplementasikan," tutur Erick Thohir. 

Pentingnya bekerja pakai AKHLAK

Erick Thohir sendiri berkomitmen untuk mendorong kepemimpinan muda di jajaran BUMN. Nggak cuma itu aja, Erick juga mendorong sistem hingga kebijakan lingkungan dan budaya kerja untuk mendukung kepemimpinan muda tersebut. 

Untuk itulah, Erick Thohir mendorong para generasi muda bekerja pakai AKHLAK.  Atau kepanjangannya adalah Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif. 

"Ini apa kita nggak punya core values. Makanya kita sepakati AKHLAK dan didalam AKHLAK itu punya turunan semua yang saya rasa cukup bisa diimplemetasikan saat ini. Apakah yang namanya kolaboratif, apakah yang namanya tadi adaptasi," jelas Erick. 

Erick Thohir mengungkap salah satu contoh BUMN yang ia ajak lebih kolaboratif lagi adalah PTPN. Pasalnya perusahaan perkebunan satu ini memiliki potensi lebih luas jika bisa memetakan atau remapping dan berkolaborasi dengan petani dan perkebunan daerah.  

"Kenapa saya minta juga di PTPN, ayo dong kita kolaboratif dengan petani kita, perkebunan kita. Tapi kita bisa remapping, mana barang-barang yang dibutuhkan oleh market. Dan ini ada new market yang berkembang," kata Erick Thohir. 

BACA JUGA: Atta Halilintar hingga Erick Thohir, 5 Orang Ini Punya Klub Bola Keren Lho

Program BUMN Muda di mata komisaris Independen PTPN VIII

Senada dengan apa yang disampaikan oleh Erick Thohir, Komisaris Independen PTPN VIII, Adrian Zakhary pun mengungkap pentingnya keseimbangan antara generasi senior dan generasi muda untuk menciptakan harmonisasi dan gerakan untuk memajukan BUMN. 

“Sesuai pesan Chief ET, keseimbangan antara Generasi Senior dan Muda bisa menciptakan harmonisasi dan gerakan untuk memajukan BUMN. Dalam Fast Break Menuju Generasi Emas BUMN, kami anak muda hadir sebagai roda penggerak untuk membawa BUMN semakin maju," ungkap Adrian Zakhary kepada KUYOU pada 14 Juni 2021. 

Adrian juga mengungkap keseriusannya bekerja dengan AKHLAK sesuai yang disampaikan oleh Erick Thohir. AKHLAK inilah yang menjadi core valuenya saat berkarya bersama PTPN VIII. 

"Bersama-sama kita mewujudkan nilai AKHLAK dan meningkatkan Core Value dalam berkarya dan mengabdi untuk Indonesia,” tambahnya lagi. 

Seperti diketahui, Erick Thohir juga sempat menyinggung soal PTPN yang memiliki inovasi menarik dan berkolaborasi bersama para petani daerah untuk bersama-sama memajukan pertanian Indonesia. Dalam hal ini, komisaris milenial PTPN VIII ini pun mengungkap hal tersebut merupakan upayanya untuk bersinergi bersama para petani daerah. 

“Pak Erick juga menyinggung soal Inovasi di PTPN, sehingga ini menjadi daya ungkit untuk kita mulai remapping bisnis perkebunan sesuai dengan perkembangan market serta menciptakan Kolaborasi bersama Petani dan berbagai pihak untuk bersama-sama bersinergi” ungkap Adrian Zakhary. 

Itu dia gaes dukungan Erick Thohir terhadap program BUMN Muda yang belum lama ini diluncurkan. Erick pun berharap prinsip kerja BUMN, AKHLAK bisa diterapkan oleh para generasi milenial di perusahaan BUMN. 




bekerja pakai AKHLAKErick ThohirProgram BUMN MudaBUMN MudaDorong Pemimpin MilenialPemimpin Milenial BUMN

Share to: