5 Daftar Artis Berjuang Hadapi Penyakit Autoimun, Ashanty Jalani Pengobatan di Turki Gaes

5 Daftar Artis Berjuang Hadapi Penyakit Autoimun, Ashanty Jalani Pengobatan di Turki Gaes

Foto

Kolase Foto Jessica Iskandar dan Ashaty, Artis yang Berjuang Hadapi Penyakit Autoimun (Foto: Instagram/@nijedar dan @ashanty_ash)


Berikut daftar artis yang berjuang hadapi penyakit Autoimun gaes. Bahkan ada yang menjalani pengobatan di Turki lho.

Penyakit Autoimun merupakan kondisi ketika sistem kekebalan tubuh seseorang menyerang tubuhnya sendiri gaes. Terdapat lebih dari 80 penyakit yang digolongkan penyakit Autoimun, beberapa diantarannya memiliki gejala yang sama, seperti kelelahan, nyeri otot, dan demam gaes.

Selain itu, Autoimun juga merupakan penyakit yang bisa diderita oleh siapa saja, tak terkecuali para artis gaes. 

Banyak dari mereka yang harus berjuang melawan penyakit tersebut di tengah padatnya jadwal di dunia hiburan Tanah Air.

Kondisi tersebut tentu bukanlah hal yang mudah. Bukan hanya merasa sedih atau down, tekanan mental bahkan sempat dirasakan mereka saat mengetahui dirinya mengidap penyakit yang belum pasti bisa disembuhkan ini.

BACA JUGA: Gara-gara Makan Jengkol Mentah, DJ Katty Butterfly Masuk UGD Gaes

Nah, kali ini Tim KUYOU.id sudah merangkum 5 daftar artis yang berjuang melawan penyakit Autoimun. Penasaran siapa saja meraka? Yuk simak daftarnya berikut ini.

1. Ashanty

Ashanty saat ini diketahui sedang melawan penyakit Autoimun gaes. Ia bahkan sempat menjalani perawatan di Turki beberapa waktu lalu.

Sebelumnya, istri Anang Hermansyah ini sempat mengalami gejala awal Autoimun pada tahun 2019 lalu. Di mana saat itu ia merasakan gejala sakit kepala, mudah lupa, gangguan kecemasan, da stres gaes.

Setelah ia memeriksakan keadaannya ke dokter, dari situ ia pun dinyatakan menderita penyakit Autoimun yang sudah menyerang kelenjar tiroidnya gaes.

2. Andrea Dian

Andrea Dian juga termasuk salah satu artis yang berjuang melawan penyakit Autoimun gaes. Hal ini lah yang menyebabkan virus Corona rentan untuk menyerangnya. Karena kekebalan tubuhnya tidak sekuat orang-orang yang memiliki badan sehat.

"Aku punya kondisi Autoimun yang membuat aku punya tuntutan tertentu untuk menjaga kondisi imunku," cerita Andrea Dian di Instagram.

3. Jessica Iskandar

Artis yang berjuang hadapi penyakit Autoimun berikutnya adalah Jessica Iskandar gaes. 

Ibu satu anak ini diketahui mengidap Graves Disease Autoimmune Hyperthyroidism, yang diakibatkan oleh kelebihan kadar hormon tiroid dalam tubuhnya atau hipertiroid.

BACA JUGA: Sempat Hujat Cinta Kuya, Denise Chariesta Akhirnya Minta Maaf dan Katakan Hal Ini

Karena mengidap penyakit tersebut, Jessica pun sering merasa emosinya sangat terkuras gaes.

"Graves Disease Autoimmune Hyperthyroidism. Penyakit ini menguras emosi. Terkadang membuat diri ini merasa tak berguna dan merasa sendirian. Ikhlas. Semoga aku mudah ikhlas," kata Jessica Iskandar.

4. Enzy Storia

Tak banyak yang tahu, kalau Enzy Storia juga merupakan artis yang mengidap menyakit Autoimun lho.

Hal ini diketahui melalui channel YouTube miliknya. Di mana presenter Tonight Show ini mengungkapkan sudah mengalami Autoimun jenis Rheumatoid Arthritis sejak tahun 2009 silam gaes. Penyakit ini sempat menyerang ke persendian tubuhnya.

"Nah kalau gue itu Rheumatoid Arthritis. Ini satu hal Autoimun yang umum juga selain lupus," kata Enzy Storia.

Selain itu, Enzy Storia juga mengatakan kalau penyakit tersebut sempat menyerang mentalnya lho. Sehingga saat itu ia hampir positif terserang lupus. Oleh karena itu, dokter yang memeriksanya pun berpesan agar penyakit tersebut tidak menjadi beban pikiran buat enzy.

Meski tidak bisa disembukan, tapi Enzy diberikan obat untuk meredakan efek Autoimun di tubuhhnya. Selain itu, ia juga harus menjalani diet sehat, mengurangi makan berlemak, tidak makan daging, dan gluten free.

"Terus gue dikasih vitamin D waktu itu sampai 5.000 (IU) sehari. Sampai sekarang. Terus gue harus gluten free, hindari daging dulu. Ini harus benar-benar kontrol diet sehat," lanjut Enzy Storia.

5. Raditya Dika

Raditya Dika juga mengaku mengidap penyakit Autoimun nih gaes. Hal ini diketahui lewat konten YouTube Ussy Andhika Official, dimana saat itu ia mengaku sudah mengalaminya sejak 6 tahun yang lalu.

Karena penyakit tersebut ia pun sering mengalami kulit kering, tumbuh ruam, dan sendi-sendi menjadi pegel gaes.

"Autoimun gue itu sebenarnya lebih kekulit menjadi kering, terus tumbuh ruam kalau gue stres. Terus sendi-sendi itu jadi pegel dan tidak dapat dijelaskan lah kalau lagi stres tiba-tiba kok timbul reaksi kayak gini. Gue sebenarnya udah ngalamin ini udah hampr 6 tahun ya," kata Raditya Dika.

Oleh karena itu, ia pun selalu mengontrol kesehatannya. Bahkan, untuk mengecek kondisinya ia sampai terbang ke Singapura gaes.

"Hallo semua, hari ini kita mau ke Singapura. Karena gue mau check up setahun sekali untuk penyakit Autoimun gue. Tiap tahun, gue selalu ke Singapura ke rumah sakit yang sama buat check up," kata Raditya Dika.

BACA JUGA: Spoiler dan Sinopsis Drama Korea Lovestruck In The City, Diperankan Oleh Ji Chang Wook dan Kim Ji Won

Nah, itu dia 5 daftar artis yang berjuang melawan penyakit Autoimun gaes. Di mana salah satunya ada Ashanty yang menjalani pengobatan di Turki.




Artis Berjuang Penyakit AutoimunDaftar Artis Hadapi Penyakit AutoimunPenyakit AutoimunAshanty Pengobatan di TurkiAshantyAndrea DianJessica IskandarEnzy StoriaRaditya Dika

Share to: