Fakta-fakta Orang yang Mati karena Tumbal 1 Suro, Sudah Mati atau Hidup? Buya Syakur Yasin Menjawab

Fakta-fakta Orang yang Mati karena Tumbal 1 Suro, Sudah Mati atau Hidup? Buya Syakur Yasin Menjawab

Foto

Kolase foto dan Fakta-fakta Orang yang Mati karena Tumbal 1 Suro, Buya Syakur Yasin Menjawab (Foto: YouTube)


Malam 1 suro selalu menyimpan beragam hal mistis. Salah satunya adalah soal tumbal 1 suro. Inilah fakta-fakta orang yang mati karena tumbal 1 Suro yang dijawab oleh Buya Syakur Yasin. 

Banyak yang bertanya soal orang yang mati diduga menjadi tumbal 1 suro. Salah satunya adalah soal jiwa mereka yang masih bergentayangan. Banyak juga yang bertanya mereka benar sudah mati atau hidup? 

Hal tersebut pula yang ditanyakan oleh seorang jamaah Buya Syakur Yasin dalam salah satu ceramahnya. Pasalnya, di kampung jemaahnya tersebut sering ada orang yang meninggal mendadak karena diduga menjadi tumbal. 

Buya Syakur Yasin menjawab sesuai dengan apa yang ada dalam Al-Quran bahwa tak ada yang bisa menghidupkan dan mematikan makhluk hidup selain Allah. 

BACA JUGA: Daftar Larangan Malam 1 Suro Menurut Jawa dan Islam, Dilanggar Bakal Ada Kesialan?

Menurut Buya Syakur Yasin jalan kematian pun sangat banyak. Bisa jadi karena kecelakaan, sakit, tiba-tiba meninggal, atau bahkan karena racun sekalipun. Ia juga mengungkap bahwa sihir atau tumbal merupakan salah satu jalan kematian.

"Tidak ada selain Allah yang bisa menghidupkan dan mematikan. Mau ketabrak, mau kena racun, mau kelindes mobil, mau ketembak, mau tenggelam, mau kena sihir, semuanya itu jalan kematian," ungkap Buya Syakur Yasin. 

BACA JUGA: Pengalaman Naik Gunung Malam 1 Suro RJL 5: Ada Sosok Hitam Putih, Rokok Berubah Jadi Daun

Tak ada orang yang dinyatakan mati namun masih hidup

Menurut Buya Syakur Yasin, ketika seseorang dinyatakan wafat maka sudah selesai hidupnya di dunia. Orang yang tidak benar-benar mati hanyalah pahlawan atau syuhada. 

"Kalau sudah mati ya sudah selesai. Yang dinyatakan belum mati itu, hanya orang yang mati sebagai pahlawan membela kebenaran, yaitu para syuhada," kata Buya Syakur. 

Orang yang tidak benar-benar mati bukanlah orang yang terkena tumbal. Namun, mereka adalah orang yang mebela kebenaran. 

"Bukannya kena tumbal, bukan kena sihir, bukan kena genderuwo. Tapi yang matinya itu karena ditembak musuh karena membela kebenaran," tambah Buya Syakur. 

BACA JUGA: Kumpulan Misteri Malam 1 Suro, Apakah Berkaitan dengan Islam Muharram 1443 H?

Itulah fakta-fakta orang yang mati karena tumbal 1 Suro. Beberapa yang percaya bahwa orang yang mati karena tumbal sebenarnya masih hidup. Namun, Buya Syakur Yasin kemudian menjawabnya dengan jelas. 

Ingin mengetahui lebih dalam lagi? Kamu bisa menonton jawaban Buya Syakur Yasin berikut ini gaes. 




Malam 1 Suro1 SuroOrang Mati Karena TumbalOrang Mati tumbal 1 SuroMati karena Tumbal 1 SuroBuya Syakur YasinJawaban Buya Syakur Yasin

Share to: