Arti Sandwich Generation Lengkap Jenis-jenisnya dan Cara Mengatasi, Istilah Kehidupan dalam Keluarga Gaes

Arti Sandwich Generation Lengkap Jenis-jenisnya dan Cara Mengatasi, Istilah Kehidupan dalam Keluarga Gaes

Foto

Kolase Foto dan Arti Sandwich Generation Lengkap Jenis-jenisnya (Foto: Berbagai sumber)


Banyak nih yang penasaran dengan arti Sandwich Generation. Simak yuk arti Sandwich Generation lengkap dengan jenis-jenis hingga cara mengatasinya gaes. 

Sandwich Generation baru-baru ini kerap dibicarakan publik di sosial media. Sandwich Generation merupakan sebuah istilah kehidupan dalam keluarga.

Sandwich Generation memiliki arti sekelompok orang dewasa yang merawat orang tua sekaligus anak-anak mereka sendiri. Sandwich Generation juga menanggung kebutuhan orang tua dan anak-anak mereka. 

BACA JUGA: Arti Kata dan Makna Meme "Ice In My Veins" yang Viral di TikTok

Awal mula istilah Sandwich Generation

Istilah Sandwich Generation ini pertama kali dikenalkan oleh Dorothy A. Miller, seorang profesor sekaligus direktur praktikum Universitas Kentucky, Lexington, Amerika Serikat. 

Istilah tersebut pertama kali dikemukakan oleh Miller pada tahun 1981 melalui sebuah jurnal berjudul "The Sandwich Generation: Adult Children of the Aging". 

Arti Sandwich Generation

Istilah Sandwich Generation merupakan sekelompok orang yang menanggung dan mengurus orang tua dan anak mereka dalam waktu yang bersamaan. Kini, istilah tersebut kembali ramai dibicarakan di sosial media. 

Dalam jurnal Miller disebutkan bahwa orang yang masuk dalam Sandwich Generation cenderung rentan mengalami banyak tekanan karena harus membiayai kehidupan orang tua dan anak-anak mereka. 

Jenis-jenis Sandwich Generation

Seorang ahli isu demografi Amerika Serikat, Carol Abaya mengungkap terdapat 3 jenis Sandwich Generation sebagai berikut. 

- Traditional Sandwich Generation, seseorang yang masuk dalam jenis pertama ini adalah orang dewasa berusia 40 hingga 50 tahun yang mengurus orang tua berusia lanjut dan anak yang mulai dewasa. 

- Club Sandwich Generation, dalam jenis kedua ini diisi oleh orang dewasa berusia 50-60 tahun yang berusaha mengurus orang tua lansia dan anak serta cucu mereka. Jenis kedua ini juga terjadi pada orang dewasa berusia 30-40 tahun yang haris mengurus anak mereka yang masih kecil dan orang tua hingga nenek atau kakek mereka. 

-Open Faced Sandwich Generation, dalam kategori kedua ini diisi oleh orang-orang yang terlibat dalam pengasuhan lansia.

BACA JUGA: Arti Kata dan Makna Singkatan NSFW, Ramai Digunakan di Twitter

Cara mengatasi Sandwich Generation

Ini dia cara mengatasi Sandwich Generation yang kerap mengalami stress karena berbagai tekanan dan tanggung jawab pada orang tua dan keluarga. 

- Membuat manajemen keuangan merupakan salah satu cara penting untuk mengatasi Sandwich Generation. Pasalnya, orang yang termasuk dalam Sandwich Generation seringkali stress karena harus membagi kebutuhan antara keluarga atau anak-anaknya dengan orang tuanya. 

- Mengajarkan anak-anak untuk hidup mandiri dan tak bergantung kepada seseorang. Bantulah anak-anak untuk mencapai pekerjaannya.  

- Jangan memasukkan orang tuamu ke panti jompo karena akan ada pengeluaran yang lebih besar lagi. Kamu bisa mempekerjakan seorang suster untuk mengurus orang tua ketika kamu sedang terlalu sibuk. 

- Pakailah asuransi kesehatan untuk diri sendiri, orang tua dan anak-anak. Karena dengan begitu memudahkan pengobatan atau pembayaran medis dalam jumlah besar.

- Mulailah menabung atau berinvestasi untuk hari tua. Dengan begitu kalian tak perlu risau dengan masa pensiun kelak dan terlalu menekan anak-anak untuk menjadi sandwich generation. Hal tersebut juga bisa memutus rantai sandwich generation. 

BACA JUGA: Arti Kata dan Makna Catfish atau Catfishing yang Lagi Tren, Jangan Sampai Tertipu Gaes!

Nah itu dia gaes arti Sandwich Generation lengkap dengan jenis-jenis hingga cara mengatasinya gaes.




Sandwich GenerationArti Sandwich GenerationJenis Jenis Sandwich GenerationCara Mengatasi Sandwich GenerationTips Atasi Sandwich GenerationApa Sandwich GenerationApa arti Sandwich Generation

Share to: