Arti Kata dan Makna Toxic Positivity, Ternyata Harus Kamu Hindari Gaes!

Arti Kata dan Makna Toxic Positivity, Ternyata Harus Kamu Hindari Gaes!

Foto

Kolase Foto ilustrasi Arti Kata dan Makna Toxic Positivity (Foto: Pexels)


Kini banyak yang mencari tau soal arti kata dan makna toxic positivity. Inilah arti kata dan makna toxic positivity yang ternyata harus banget kamu hindari gaes. 

Toxic positivity kini menjadi topik hangat di kalangan masyarakat. Banyak yang masih belum memahami lebih lanjut soal toxic positivity, bahkan ada juga yang masih terjebak di toxic positivity.

toxic positivity merupakan sebuah kondisi di mana seseorang menuntuk dirinya atau orang lain untuk selalu berpikir positif dan mengabaikan atau menghindari emosi negatif. 

Hal tersebut ternyata berbahaya lho gaes. Alih-alih selalu melihat segala sesuatu secara positif, menolak emosi negatif justru bisa berdampak buruk untuk kesehatan mental gaes. 

BACA JUGA: Arti Kata dan Makna Gaslighting, Gak Hanya Terjadi di Dunia Percintaan Lho!

Arti kata toxic positivity

Toxic positivity sendiri berarti terus menuntuk diri dan orang lain untuk terus bersikap dan berpikir positif. Meski terkesan positif,

Toxic positivity bukanlah hal yang terlalu baik karena orang-orang toxic positivity selalu berusaha menolak emosi negarif seperti marah, sedih, atau kecewa. 

Padahal, emosi negatif juga penting untuk dirasakan dan tak boleh begitu saja ditolak. Pasalnya, menolak emosi negatif dalam jangka panjang bisa memicu terganggunya kesehatan mental, seperti stress berat, gangguan tidur, bahkan hingga depresi, dan PTSD. Untuk itulah toxic positivity bisa jadi berbahaga untuk seseorang. 

BACA JUGA: Arti Kata dan Makna Red Flag dalam Hubungan, Istilah yang Ramai Digunakan di Sosial Media

Ciri-ciri toxic positivity

Namun sayangnya, tak banyak yang menyadari bahwa dirinya sedang terjebak dalam toxic positivity. Ini dia ciri-ciri toxic positivity yang mudah disadari. 

- Menyembunyikan perasaan yang sebenarnya sedang terjadi

- Terkesan membiarkan masalah atau justru menghindarinya

- Sering memberi semangat atau motivasi, namun justru disertai kata-kata yang terkesan meremehkan, misalnya 'Jangan menyerah ya, gitu aja masa nyerah'

- Sering melontarkan kalimat bernada menyalahkan orang yang terkena masalah, contohnya 'yasudah, ambil sisi positifnya saja, lagian salahmu juga kan?' 

Cara hindari toxic positivity

Ada beberapa cara agar kamu keluar dan terhindar dari toxic positivity seperti berikut ini. 

- Rasakan energi negatifmu dan kelola itu denagn baik. Artinya, kamu boleh kok merasa sedih, tak nyaman, atau bahkan kecewa. 

- Cobalah ceritakan perasaan negatif yang kamu rasakan kepada orang terdekatmu atau kamu juga bisa menuliskannya melalui buku diary. 

- Ketika ada seseorang yang bercerita kepadamu tentang masalahnya, cobalah pahami dan jangan menghakimi.

- Jangan membandingkan masalah-masalah orang. 

- Toxic positivity juga bisa berasal dari sosial media gaes, jadi ada baiknya juga batasi penggunaan sosial mediamu ya.

BACA JUGA: Arti kata dan Makna Sasimo, Bahasa Gaul yang Digunakan Untuk Menyindir

Nah itu dia arti kata dan makna toxic positivity yang ternyata harus dihindari agar tak berkepanjangan dan menimbulkan masalah mental.




toxic positivityarti kata toxic positivityapa itu toxic positivitymakna toxic positivityapa toxic positivityarti toxic positivityciri ciri toxic positivitycara menghindari toxic positivityhindari toxic positivity

Share to: