Akuisisi Bank Kecil, BNI Siapkan Dana Maksimal Sebesar Rp3 Triliun Gaes!

Akuisisi Bank Kecil, BNI Siapkan Dana Maksimal Sebesar Rp3 Triliun Gaes!

Akuisisi Bank Kecil, BNI Siapkan Dana Maksimal Sebesar Rp3 Triliun Gaes!

BNI Siapkan Dana Maksimal Sebesar Rp3 Triliun dalam Kolase Foto (Foto: Shutterstoc)


PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BBNI) mengungkapkan dengan memiliki anak perusahaan bank digital akan membawa BNI ke tingkat layanan perbankan yang lebih tinggi gaes.

Hal itu disampaikan oleh Direktur BNI Utama Royke Tumilaar. Ia mengatakan digitalisasi merupakan salah satu strategi utama BNI untuk melayani nasabah lebih baik dan mewujudkan visi BNI sebagai bank dengan kinerja sustain dan profitable.

“Kami percaya dengan memiliki anak perusahaan bank digital akan membawa BNI ke tingkat layanan perbankan yang efektif dan tepat sasaran,” kata Royke dalam Konferensi Pers Paparan Kinerja Keuangan BNI, pada Senin 25 Oktober 2021.

BNI Capai Kesepakatan Awal Akuisisi Bank yang Punya Ekosistem Bisnis

Selain itu, Royke juga mengatakan BNI saat ini sudah mencapai kesepakatan awal untuk mengakuisisi bank yang sudah mempunyai ekosistem bisnis yang kuat untuk dikembangkan menjadi bank digital. Dalam prosesnya BNI juga akan menjalin kemitraan strategis dengan mitra yang kuat dan berpengalaman dalam pengembangan teknologi finansial nih gaes.

BACA JUGA: Persiapkan Dana Pensiun Dini, Perkenalkan BNI Emerald Untuk Milenial

“Karena kami percaya bahwa teknologi itu menjadi salah satu faktor kunci keberhasilan dalam pengelolaan bank digital. Kami memiliki visi agar bank digital ini nantinya akan fokus kepada nasabah UKM dengan cost operasional yang murah tentunya. Karena kami pun melihat potensi besar UKM dalam pertumbuhan ekonomi nasional,” lanjutnya.

Royke menjelaskan bank digital ini pun bakal selaras dengan visi BNI dalam aspek environmental, social, dan governance atau ESG yaitu memberikan dampak kepada masyarakat melalui pertumbuhan ekonomi berkelanjutan gaes.

“Untuk nama-nama pihak terkait mohon maaf saya belum bisa sampaikan pada kesempatan ini. Namun nanti perkembangannya ke depan kami pasti akan menyampaikan informasi kepada publik dengan baik mengenai rencana pengembangan ini sesuai dengan peraturan pasar modal dan regulasi pada institusi keuangan,” jelas Royke.

Adapun, rencana pengembangan anak perusahaan bank digital ini sudah masuk ke dalam rencana bisnis bank (RBB) tahun 2021. Termasuk dalam RBB tersebut juga memuat penganggaran dana yang dibutuhkan untuk melakukan akuisisi.

BACA JUGA: Kerjasama Dengan BNI, Traveloka Luncurkan PayLater ‘Virtual Card Number’

BNI Siapkan Dana Sebesar Rp3 Triliun

Terkait dengan penganggaran dana yang dibutuhkan untuk aksi akuisisi, Royke mengatakan perseroan menargetkan bank kelompok BUKU I atau BUKU II yang berdasarkan klasifikasi bank sebelumnya yakni memiliki modal inti tidak lebih dari sebesar Rp3 triliun gaes.

“Tentunya proses akuisisi akan dilakukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan kami akan pastikan memiliki valuasi yang wajar saat ini perlu kami sampaikan BNI memiliki kecukupan modal yang kuat untuk melakukan ekspansi secara organik maupun anorganik,” kata Royke mengakhiri.




BNIBNI Akusisi Bank KecilBNI Siapkan Dana Rp3 TriliunBank KecilPT Bank Negara IndonesiaBBNIBank DigitalDirektur BNI Utama Royke Tumilaar

Share to: