Biografi dan Profil Fadel Muhammad, Wakil Ketua MPR RI Minta Jokowi Pecat Sri Mulyani

Biografi dan Profil Fadel Muhammad, Wakil Ketua MPR RI Minta Jokowi Pecat Sri Mulyani

Biografi dan Profil Fadel Muhammad, Wakil Ketua MPR RI Minta Jokowi Pecat Sri Mulyani

Kolase Foto Fadel Muhammad, Wakil Ketua MPR RI Minta Jokowi Pecat Sri Mulyani (Foto: Instagram @fadelmuhammadofficial)


Cari tau yuk tentang sosok Fadel Muhammad. Ini dia biografi dan profil Fadel Muhammad, Wakil Ketua MPR RI yang minta Jokowi memecat Sri Mulyani. 

Fadel Muhammad adalah politikus kelahiran 20 Mei 1952. Fadel Muhammad adalah pemeluk agama Islam dan 62 tahun.

Fadel Muhammad kini menjabat sebagai Wakil Ketua MPR RI periode 2019-2024. Belum lama ini, Fadel Muhammad mendesak Presiden Joko Widodo memecat Sri Mulyani. 

Bukan tanpa alasan, Fadel Muhammad merasa kecewa karena Menkeu Sri Mulyani dinilai tak etis dan tak cakap dalam menatur angaran hingga kebijakan pemerintah. 

"Maka kami, ini atas nama pimpinan MPR Republik Indonesia mengusulkan kepada Presiden Repulik Indonesia untuk memberhentikan Menteri Keuangan, karena kami anap Menteri Keuanan tidak etik, tidak cakap dalam menatur kebijakan pemerintah kita demi untuk kelanjutan," kata Fadel Muhammad. 

BACA JUGA: Erick Thohir Temani Jokowi Ngetrek di Sirkuit Mandalika, Lokal Go Internasional!

Lalu seperti apa sosok Fadel Muhammad? Ini dia biografi dan profil Fadel Muhammad yan berhasil dirankum KUYOU untuk kamu. 

1. Biografi dan Profil Fadel Muhammad

Fadel Muhammad merupakan seorang pengusaha sekaligus politisi Indonesia. Pemilik nama lengkap Fadel Muhammad Al-Haddar ini lahir di Ternate pada 20 Mei 1952. 

2. Latar belakang pendidikan Fadel Muhammad

Fadel Muhammad berhasil meraih gelar Insinyur dari Institut Teknologi Bandung (ITB). Ia lalu melanjutkan studinya di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. 

Tak berhenti sampai di situ, Fadel Muhammad berhasil menjadi Profesor di Universias Brawijaya, Malang. Ia juga berhasil mendapat gelar Guru Besar di bidang Public Sector Entrepreneurship Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya, Malang.

3. Awal akrir Fadel Muhammad

Fadel Muhammad adalah pendiri Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI). Ia juga mantan pimpinan Grup Bukakak. Tak hanya itu, karirnya terus berkemban dan menjadi salah seorang pemegang saham Bank Intan yang kemudian dilikuidasi. 

Fadel Muhammad mulai masuk ke dunia politik. Ia sempat menjadi Dewan Pimpinan Daerah (DPD) I Golkar di Gorontalo. Ia juga sempat menjabat sebagai Wakil Ketua Umum DPP Golkar. 

BACA JUGA: Fakta dan Potret Jokowi Bareng Erick Thohir Jajal Sirkuit Mandalika, Keren Abis!

4. Sempat jadi menteri

Fadel Muhammad sempat didaulat menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia periode 2009-2011 pada masa jabatan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. 

Sebelumnya, Fadel Muhammad juga sempat menjabat sebaai Gubernur Gorontalo pada 2001 hingga 2009. Kini, Fadel Muhammad menjabat sebagai Wakil Ketua MPR RI Periode 2019-2024.

5. Desak Presiden Jokowi pecat Sri Mulyani

Fadel Muhammad mendesak Presiden Joko Widodo untuk memecat Menteri Keuangan Sri Mulyani karena dinilai mengacuhkan keluhan soal anggaran yang terbatas. 

Pernyataannya soal desakan tersebut menurut Fadel Muhammad merupakan keputusan rapat 10 pimpinan MPR yang digelar secara hybrid, offline, maupun online. 

Tak hanaya itu, karena kekecewaan MPR terhadap sikap Menkeu, Fadel Muhammad juga menyampaikan bahwa MPR punya hak sidang istimewa.

"Kalau presiden tidak mau, jangan lupa MPR punya hal sidan istimewa," kata Fadel.

BACA JUGA: Erick Thohir hingga Sri Mulyani Jadi Saksi Peluncuran Penjaminan Kredit Modal Kerja UMKM

Nah itu dia biografi Fadel Muhammad yang berhasil dirankum KUYOU untuk kamu. Fadel Muhammad merupakan Wakil Ketua MPE EI yang belum lama ini mendesak Presiden Jokowi untuk memecat Menkeu Sri Mulyani. 




Fadel MuhammadBiorafi Fadel MuhammadProfil Fadel MuhammadMengenal Fadel MuhammadWakil Ketua MPR RISri MulyaniDesak Jokowi Pecat Sri MulyaniDesakan Pecat Sri MulyaniMenkeu Sri MulyaniFakta Fadel MuhammadBiodata Fadel MuhammadAsal Fadel Muhammad

Share to: