Begini Cara Mengelola THR dan Amplop Lebaran Supaya Lebih Bermanfaat dan Tidak Boros

Begini Cara Mengelola THR dan Amplop Lebaran Supaya Lebih Bermanfaat dan Tidak Boros

Foto

Cara mengelola amplop Lebaran (Sumber: Internet)


Hari Raya Idul Fitri merupakan hari yang ditunggu-tunggu bagi kaum muslimin di seluruh dunia, tidak terkecuali untuk pemeluk agama islam di Indonesia.

Biasanya di Indonesia sendiri memiliki berbagai macam cara untuk merayakan hari kemenangan tersebut. Salah satunya yaitu bagi-bagi Tunjangan Hari Raya (THR) atau amplop lebaran seolah sudah menjadi salah satu budaya yang melekat bagi kaum muslimin di Indonesia untuk mengekspresikan rasa syukur.

Baca Juga: Apa Balasan Minal Aidin Wal Faizin? Berikut Jawaban yang Baik dan Benar

Namun sayangnya beberapa diantara kita justru tidak menggunakan THR tersebut semaksimal mungkin. Malah lebih cenderung menghabur-hamburkannya.

Nah, dalam kesempakatan kali ini tim kuyou.id akan membagikan tips bagaimana cara mengelola THR atau amplop lebaran agar bisa lebih bermanfaat. Yuk langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Kenali Jenis Pendapatan

Sebelum membahas kepada bagian tips mengelola THR atau amplop lebaran agar lebih bermanfaat. Ada baiknya kita perlu mengetahui jenis-jenis pemasukan yang telah kita dapatkan.

Secara umum jenis pemasukan atau pendapatan kita dapat dikategorikan menjadi dua kategori. Yaitu pemasukan yang sifatnya rutin dan pemasukan yang sifatnya tidak rutin.

Bicara soal pemasukan rutin yaitu, pemasukan yang selalu diterima dalam jangka waktu tertentu, baik itu harian, mingguan, atau bulanan. Contohnya seperti gaji, pendapatan tetap dari hasil usaha, atau pendapatan yang diterima dari hasil sewa dan lain sebagainya.

Sedangkan pemasukan tidak rutin merupakan pendapatan yang kita terima dalam kurun waktu periode tertentu dan jumlahnya tidak tetap. Misalnya seperti Tunjangan Hari Raya (THR), angpao imlek, hadiah dan lain sebagainya.

Dalam hal ini kita sudah mengetahui bahwa THR atau amplop lebaran tergolong kedalam kategori pendapatan tidak tetap yang kita terima.

Nah, buat kamu yang merasa masih bingung bagaimana cara mengelola THR atau amplop lebaran. Berikut caranya:

1. Membuat perencanaan Keuangan

Perencanaan keuangan ini tampaknya sudah menjadi hal lumrah ketika kita mendapat penghasilan baik itu dari gaji atau lain sebagainya. 

Dalam perencanaan keuangan ini tentunya kita harus mengenali terlih dahulu mana kebutuhan mendesak dan mana kebutuhan yang tidak mendesak.

Misalnya kebutuhan mendesak seperti, membayar cicilan, uang kos dan lain sebagainya. Tentunya hal pertama yang harus kita lakukan adalah dengan mendahulukan kebutuhan mendesak sebagai prioritas utama pengeluaran kita. Barusalah setelah dirasa sudah cukup dan masih ada sisa uang tersebut bisa kita gunakan untuk kebutuhan lainnya.

2. Menabung dan Investasi

Selanjutnya langkah kedua yang perlu kita lakukan yaitu dengan cara menabung dan berinvestasi. Dalam hal ini tampaknya tidak kalah penting dari sebelumnya. 

Menabung merupakan hal yang harus mulai kita biasakan ketika kita mendapatkan pemasukan. Dengan kebiasaan menabung dan berinvestasi akan membuat kita lebih bijak dalam mengatur pengeluaran. Menabung dan berinvestasi juga akan memberikan manfaat kepada kita di kemudian hari.

3. Beramal

Yang tidak kalah penting lainnya yaitu beramal. Menyisihkan sebagian pendapatan kita untuk beramal merupakan cara kita untuk berjaga pendapatan yang kita peroleh.

Dalam poin ini juga Islam telah mengisyaratkan kepada kita bahwa dalam harta yang kita miliki terdapat hak orang lain yang membutuhkan. 

4. Mempersiapkan Dana Darurat

Dan point yang terakhir yaitu mempersiapkan dana darurat. Dana darurat ini akan sangat bermanfaat ketika kita berada dalam posisi genting yang diluar dugaan. Seperti misalnya untuk berobat ketika sakit dan lain sebagainya.

Dana darurat ini berbeda dengan dana yang kita sisihkan untuk menabung dan berinvestasi. 

Menurut para ahli pengelola keuangan dana darurat ini seharusnya menjadi prioritas terlebih dahulu sebelum kita menabung dan berinvestasi. Karna diantara kita tidak ada yang tahu bahwa musibah bisa datang kapan saja dan dimana saja.

Demikian lah cara mengelola THR dan amplop lebaran yang semestinya kita lakukan. Tujuan supaya penghasilan yang didapat dari hasil yang tidak tetap tersebut akan lebih bermanfaat bagi kita.




Cara Mengelola THRAmplop LebaranLebaranIdul Fitri

Share to: