Hadiri Forum Road to G20 dengan Himpuni, Adrian Zakhary Sebut Potensi Besar Digital Indonesia

Hadiri Forum Road to G20 dengan Himpuni, Adrian Zakhary Sebut Potensi Besar Digital Indonesia

Foto

Adrian Zakhary Sebut Potensi Besar Digital Indonesia (Foto: Istimewa)


Adrian Zakhary menghadiri Forum Road to G20 dengan Perhimpunan Organisasi Alumni Perguruan Tinggi Negeri Indonesia atau (Himpuni) di IPB International Convention Center Bogor, Jawa Barat, Selasa, 25 Oktober 2022.

Dalam forum ini, Adrian Zakhary menyebutkan bahwa Indonesia memiliki potensi yang besar dibidang digital.

Baca Juga: Hadir di The HUB Sudirman Palembang, Founder MAJA Labs Adrian Zakhary Inisiasi Pertumbuhan Komunitas Web3 di Sumsel

Tentang Forum Road to G20 dengan Himpuni

Perhimpunan Organisasi Alumni Perguruan Tinggi Negeri Indonesia atau Himpuni bekerja sama dengan T20 Indonesia dan U20 Indonesia. Kerja sama ini menghadirkan  forum diskusi menjelang perhelatan KTT G20 di Bali.

Forum Road to G20 mengangkat tema “Guarding Energy Transition in Indonesia and Beyond: High Level Policy Discussion on Promoting Investment, Financing and Development of Renewable and Green Energy”.

Forum tersebut sendiri digelar selama dua hari, 25 Oktober 2022 dan 26 Oktober 2022 di IPB International Convention Center Bogor, Jawa Barat.

Forum Road to G20 ini menghadirkan sejumlah pembicara ternama seperti Presiden Joko Widodo, Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri BUMN Erick Thohir, dan masih banyak lagi.

Adapun forum ini membahas mengenai transisi energi, yaitu memikirkan cara terbaik dalam transisi dari energi berbasis fosil menjadi energi berkelanjutan merupakan salah satu prioritas Presidensi G20 Indonesia 2022. 

Erick Thohir Sebut Potensi Energi Panas Bumi Indonesia Sangat Besar

Menteri BUMN Erick Thohir yang menjadi pembicara di sesi kedua, mengatakan potensi geothermal atau energi panas bumi di Indonesia sangat besar, namun belum banyak dikembangkan.  

"Kita lakukan dengan Pertamina PGE ini kita untuk supaya bisa kembali dapat akses dana tambahan untuk perkembangan panas bumi. Salah satunya dengan go public supaya tidak membebani keuangan negara yang terus menerus dan meningkatkan utang Pertamina," tutur Erick.

Disebutkan potensi geothermal di Indonesia bisa mencapai 24 gigawatt jika dikonversi menjadi listrik, saat ini baru dikembangkan hanya sekitar 2 gigawatt. Hal tersebut jelas membutuhkan dukungan banyak pihak, karena berkaitan dengan perkembangan teknologi.

Adrian Zakhary Sebut Potensi Besar Digital Indonesia

Founder MAJA Labs dan juga Head of Web3 Task Force ICCN, Adrian Zakhary juga menghadiri perhelatan Forum Road to G20. Adrian Zakhary sepakat dengan apa yang diucapkan Erick Thohir.

Adrian yang juga Wakil Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Padjajaran (IKA UNPAD) mengatakan bahwa Indonesia memiliki potensi yang besar diberbagai bidang, salah satunya adalah digital. Adrian percaya dengan kemajuan teknologi akan memberikan dampak atau manfaat yang nyata.

"Indonesia memiliki potensi besar diberbagai bidang, seperti yang disebutkan Bapak Erick Thohir mengenai potensi teknologi energy tadi.  Saya yang bergerak dibidang teknologi digital juga melihat potensi yang besar ada dibidang digital. Indonesia begitu kaya dan saya yakin dengan kemajuan teknologi yang kita lakukan akan membawa manfaat yang nyata dan membantu banyak orang bahkan mampu membawa dampak ke dunia," jelas Adrian.

Sebagai informasi, Adrian Zakhary melalui MAJA Labs dan ICCN telah mengembangkan banyak project Web3, baik dalam bentuk NFT, Augmented Reality (AR) dan masih banyak lagi.  

Bahkan MAJA Labs sendiri memiliki project besar yaitu membawa nama Indonesia di kancah internasional dengan mengembangkan teknologi Augmented Reality (AR) Digital Fashion.

Baca Juga: Hadiri Trade Expo Indonesia 2022, Founder MAJA Labs Adrian Zakhary: Blockchain Bisa Membawa Nilai

Hal ini dilakukan guna membawa value yang berdampak pada pertumbuhan ekonomi, dan juga perkembangan teknologi Web3 di Indonesia.




Forum Road to G20HimpuniT20 IndonesiaU20 IndonesiaKTT G20Erick ThohirAdrian ZakharyMAJA LabsWeb3

Share to: