KemenkopUKM Hadirkan Seminar Digitalisasi Koperasi dan UMKM, Bahas Transformasi Digital Berbasis Web3 dan Blockchain

KemenkopUKM Hadirkan Seminar Digitalisasi Koperasi dan UMKM, Bahas Transformasi Digital Berbasis Web3 dan Blockchain

KemenkopUKM Hadirkan Seminar Digitalisasi Koperasi dan UMKM, Bahas Transformasi Digital Berbasis Web3 dan Blockchain

KemenkopUKM Hadirkan Seminar Digitalisasi Koperasi dan UMKM (Foto: Istimewa)


Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menegah (KemenkopUKM) telah berhasil menggelar seminar tentang transformasi digital koperasi & UMKM berbasis inovasi Web3 dan Blockchain.

Seminar ini digelar dalam rangka Roadshow Digitalisasi Koperasi dan UMKM yang kini tengah gencar digaungkan KemenkopUKM.

Baca Juga: Gelar Webinar, MAJA Labs X EMURGO Bahas Peluang Baru di Industri Kreatif Melalui Web3 Gaes

Seminar KemenkopUKM "Roadshow Digitalisasi Koperasi dan UMKM"

Pada Rabu, 14 Juni 2023 KemenkopUKM telah menggelar seminar "Roadshow Digitalisasi Koperasi dan UMKM" di Hilton Garden Inn, Jl Airport Ngurah Rai, Badung Bali.

Seminar ini mengambil topik "Transformasi Digital Koperasi & UMKM berbasis Inovasi Web 3.0 & Teknologi Blockchain".

Sesuai dengan topik diambil, seminar ini akan membahas mengenai transformasi digital koperasi & UMKM dengan mengandalkan inovasi dari teknologi berbasis Web 3.0 dan teknologi Blockchain.

Untuk membahas topik tersebut, dihadirkan moderator dan pembicara yang sudah expert dibidangnya, mereka adalah Adrian Zakhary (Tenaga Ahli PMO KemenKopUKM & Founder MAJA Labs) selaku moderator. Kemudian ada dua pembicara yakni, Rakajana (Founder HNS Studio/Illustrator) serta Adam Adha (Founder & COO SuperlativeSS).

Seminar ini turut dihadiri oleh para peserta yang berasal dari berbagai bidang, yakni pelaku UMKM, pengurus koperasi, serta pegiat Web3.

Seminar ini juga menjadi upaya KemenkopUKM untuk mendorong pengembangan riset dan edukasi untuk dalam waktu dekat untuk mengkoneksikan dunia Koperasi dan UKM ke Inobasi berbasis Web 3.0

Bahas Transformasi Digital Berbasis Web3 dan Blockchain

Dalam seminar ini, Adrian Zakhary bersama Rakajana dan Adam Adha membahas mengenai transformasi digital berbasis Web3 dan Blockchain khususnya di koperasi dan UMKM.

Rakajana selaku Founder HNS Studio yang juga seorang NFT Artist membahas mengenai perkembangan NFT saat ini, serta membahas pula mengenai manfaat NFT untuk UMKM dan tantangan UMKM di era transformasi digital ini.

Tak lupa Rakajana juga memberikan harapannya untuk UMKM agar bisa berkembang di era transformasi digital ini.

Sementara itu, Adam Adha selaku Founder & COO SuperlativeSS membahas tentang sejarah SuperlativeSS, project NFT lokal yang mampu menembus pasar global. Selain itu, Adam Adha juga membahas mengenai tantangan projek NFT kedepan serta harapannya untuk UMKM lokal.

Adam Adha mengatakan bahwa para pemegang NFT SuperlativeSS dianggap sebagai partner yang bisa berperan aktif dalam memberikan saran atau ide untuk project SuperlativeSS ke depannya.

Baca Juga: Webinar MAJA Labs X EMURGO, CMO MAJA Labs Ibnu Adam Kupas Tuntas Potensi Web3 dan NFT di Industri Kreatif

"Punya hak suara untuk memberikan saran ataupun ide untuk pengembangan IP project kita. Jadi kita memperilakukan mereka itu as a partner, siapapun pemegang NFT kita bisa memberikan suggestion dan akhirnya nanti kita bisa voting bareng-bareng untuk bisa kita eksekusi bareng-bareng," ucap Adam Adha.




KemenkopUKMMAJA LabsDigitalisasi Koperasi dan UMKMTransformasi digital koperasi & UMKMWeb3Web 3.0BlockchainNFT

Share to: