Biodata dan Profil Andi Amran Sulaiman: Umur, Karier dan Instagram, Sosok Menteri Pertanian Baru Gantikan SYL

Biodata dan Profil Andi Amran Sulaiman: Umur, Karier dan Instagram, Sosok Menteri Pertanian Baru Gantikan SYL

Biodata dan Profil Andi Amran Sulaiman: Umur, Karier dan Instagram, Sosok Menteri Pertanian Baru Gantikan SYL

Biodata dan profil Andi Amran Sulaiman (Foto: Instagram @jokowi)


Yuk simak biodata dan profil Andi Amran Sulaiman lengkap umur, karier dan Instagram, sosok Menteri Pertanian (Mentan) baru yang menggantikan Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Andi Amran Sulaiman merupakan sosok Menteri Pertanian baru yang menggantikan Syahrul Yasin Limpo.

Andi Amran Sulaiman resmi dilantik Presiden Jokowi di Istana Negara pada Rabu, 25 Oktober 2023.

Baca Juga: Biodata dan Profil Gibran Rakabuming: Umur, Karier dan Pendidikan, Cawapres Prabowo Subianto di Pilpres 2024

Penasaran dengan sosoknya? Yuk simak biodata dan profil Andi Amran Sulaiman lengkap umur, karier dan Instagramnya.

1. Profil Andi Amran Sulaiman

Andi Amran Sulaiman merupakan seorang pengusaha dan juga politisi yang berasal dari Bone, Sulawesi Selatan. Andi Amran Sulaiman lahir pada 27 April 1968, yang berarti kini ia berusia 55 tahun. Andi Amran Sulaiman disebut merupakan keturunan La Pawawoi Arung Sumaling, anak keempat La Tenri Tappu, Raja Bone ke-23.

Agama yang dianut oleh Andi Amran Sulaiman adalah Islam. Andi Amran Sulaiman memiliki istri bernama Martati dan empat orang anak yang semuanya memiliki nama depan Andi.

2. Karier Andi Amran Sulaiman

Awal kariernya, Amran bekerja di PT Perkebunan Nusantara XIV serta menjadi tenaga pendiidik atau dosen di Universitas Hasanuddin. 15 tahun berselang, Amran memutuskan keluar dari perusahaan dan memiliki mendirikan bisnis.

Ia memulai dengan bisnis racun tikut ‘Tiran’ dan berkembang menjadi besar hingga ada 14 perusahaan di bawah holding Tiran Group. Tak hanya racun tikus, kini Amran juga menjalankan usaha sawit, emas, tebu, nikel, dan timah hitam.

3. Pendidikan Andi Amran Sulaiman

Amran Sulaiman memperoleh gelar Sarjana Pertanian pada tahun 1993 dari Universitas Hasanuddin Makassar. Setelah itu, Amran melanjutkan pendidikan S2 Pertanian dan S3 Ilmu Pertanian masih di universitas yang sama. Gelar Doktor ia raih ketika tahun 2012 dengan IPL maksimal.

4. Sosok Menteri Pertanian Baru

Andi Amran Sulaiman resmi dilantik sebagai Menteri Pertanian baru oleh Presiden Jokowi di Istana Negara pada Rabu, 25 Oktober 2023.

Sebelumnya, Andi Amran Sulaiman juga pernah memangku jabatan sebagai Menteri Pertanian pada periode 27 Oktober 2014 hingga 23 Oktober 2019.

5. Biodata Andi Amran Sulaiman

Nama lengkap:Andi Amran Sulaiman
Kota asal:Bone, Sulawesi Selatan
Tanggal lahir:27 April 1968
Umur:55 tahun
Agama:Islam
Pendidikan:Sarjana Fakultas Pertanian Unhas 1988-1993, Magister Ilmu Pertanian Unhas 2002-2003 dan Doktor Ilmu Pertanian Unhas 2008-2012
Profesi:Pengusaha, Menteri Pertanian
Akun Instagram:

@a.amran_sulaiman

Baca Juga: Biodata dan Profil Mahfud MD: Umur, Karier dan Pendidikan, Sosok Bacawapres Ganjar Pranowo di Pilpres 2024

Nah, itulah biodata dan profil Andi Amran Sulaiman lengkap umur, karier dan Instagram, sosok Menteri Pertanian (Mentan) baru yang menggantikan Syahrul Yasin Limpo (SYL).




Andi Amran SulaimanProfil Andi Amran SulaimanBiodata Andi Amran SulaimanUmur Andi Amran SulaimanKarier Andi Amran SulaimanInstagram Andi Amran SulaimanMenteri Pertanian baruMentan baruAndi Amran Sulaiman MentanPengganti Syahrul Yasin LimpoPengganti SYL

Share to: