Direktur Strategis Puspenpol Adrian Zakhary Nilai Gibran Cerdik Bermedia Sosial di Pilpres 2024

Direktur Strategis Puspenpol Adrian Zakhary Nilai Gibran Cerdik Bermedia Sosial di Pilpres 2024

Direktur Strategis Puspenpol Adrian Zakhary Nilai Gibran Cerdik Bermedia Sosial di Pilpres 2024

Direktur Strategis Puspenpol, Adrian Zakhary (foto: Tangkapan Layar Youtube)


Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2024 telah berlangsung pada Februari 2024 lalu. Menurut hasil perhitungan cepat sejumlah lembaga survei paslon nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka memimpin dengan hasil diatas 55 persen.

Baca juga: Isu Jadi Walikota Solo, Puspenpol Ungkap Kepopuleran Gusti Bhre di TikTok

Menurut Direktur Pusat Penerangan Politik (Puspenpol) Adrian Zakhary, kemenangan paslon ini sudah dapat terbaca sejak bulan November – Desember 2023. Namun kala itu tim sukses paslon 02 memiliki PR besar untuk memenangkan pemilu satu putaran meskipun didukung dengan nama besar Prabowo Subianto.

“Timses dari 02 ini berupaya mengejar agar bisa menang satu putaran,” kata Adrian dalam wawancara di Youtube Total Politik dikutip Sabtu, (9/3).

Lebih lanjut Adrian menilai kemunculan Gibran menjadi sosok penting atau penentu kemenangan paslon ini 1 putaran. Gibran dinilai cermat dalam memanfaatkan media sosial hingga berhasil menaikan jumlah followers hingga 400 persen di TikTok dan 200 persen di Instagram sepanjang masa kampanye.

“Munculnya mas Gibran ini menjadi sosok penting dan saya lihat Mas Gibran cukup aware dengan hal itu. Bagaimana beliau mengaktivasi dari official akunnya sendiri, dari inisiasi yang dilakukan, kreatif-kreatif yang dibikin, gimmick-gimmick di sosial media. Artinya apa, kita melihat Gibran Effect sangat berpengaruh terhadap kemenangan satu putaran,” tuturnya.

Gibran dinilai mengubah image yang ia bangun di media sosial. Sejak lama akun-akun media sosial Gibran lebih sering digunakan untuk mempromosikan UMKM dan kegiatan khususnya di Solo. Kini, Gibran lebih berani menampilkan dirinya untuk dikenal secara masif dan diterima secara personal.

Baca juga: Puspenpol Ungkap ‘Gibran Effect’ Jadi Pendongkrak Suara Prabowo-Gibran di Pilpres 2024

“Beliau aware ini tentang Pilpres dimana orang harus lebih mengenal beliau. Mungkin untuk Solo, Jawa Tengah, Jakarta sudah banyak yang tahu tapi kita lihat kampanye dan banyak kegiatan kreatif ke daerah. Orang harus mengenal beliau lebih masif jadi kemunculan beliau di official account menurut saya adalah kesadaran dari Mas Gibran agar orang lain mengenal lebih jauh tentang sosoknya,” kata Adrian.




Adrian ZakharyGibran RakabumingPuspenpolPIlpres 2024Pemilu 2024

Share to: