Puspenpol Ungkap ‘Gibran Effect’ Jadi Pendongkrak Suara Prabowo-Gibran di Pilpres 2024

Puspenpol Ungkap ‘Gibran Effect’ Jadi Pendongkrak Suara Prabowo-Gibran di Pilpres 2024

Puspenpol Ungkap ‘Gibran Effect’ Jadi Pendongkrak Suara Prabowo-Gibran di Pilpres 2024

Direktur Strategis Puspenpol, Adrian Zakhary (foto: Dok. Kuyou))


Hingga saat ini diketahui pasangan capres dan cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka masih memimpin perolehan suara di Pilpres 2024 dengan jumlah 58,83 persen. 

Menurut Direktur Strategis Pusat Penerangan Politik (Puspenpol) Adrian Zakhary, perolehan suara besar di pasangan nomor urut 2 ini tak lepas dari adanya sosok Gibran Rakabuming. Gibran sebagai pemimpin muda hadir dengan berbagai terobosan dan menghadirkan ‘Gibran Effect’ di masyarakat. 

Baca juga: Direktur Strategi Puspenpol Nilai Prabowo Pantas Mendapatkan Pangkat Jenderal Kehormatan dari Presiden Jokowi

“Gibran menjadi pemantik pemilih untuk memutuskan memilih Prabowo-Gibran saat hari pencoblosan,” ungkap Adrian Zakhary. 

“Kurang lebih 3 bulan kemarin sosok Gibran yang mendapat berbagai serangan negatif justru mampu tampil dengan baik selama kampanye dan berhasil memunculkan sosoknya yang organik sebagai anak muda yang cerdas, berprestasi, sukses dan memiliki empati tinggi,” imbuhnya. 

(foto: Kuyou)

Selain itu, Adrian juga menyoroti sejumlah program yang dilakukan Gibran selama kampanye.yang dinilai berhasil mendorong kemenangan paslon 02 satu putaran.

“Dari debat cawapres yang memukau publik, kunjungan ke daerah yang mampu memikat anak muda degan program Gibran Mendengar atau Gimmick Gibran, serta pertemuan dengan tim kampanye daerah, relawan dan berbagai unsur lain. Gibran berhasil mendorong kemenangan satu putaran untuk Paslon 02 Prabowo-Gibran,” kata Adrian.

Selain itu, Adrian juga menilai ‘Gibran Effect’ ini menuai perhatian lebih dari masyarakat sehingga menjadi trendsetter dan berhasil merangkul pemilih muda, swing voters, hingga mengaktivasi silent majority.

“Tentu keberhasilan Gibran Effect juga ditopang oleh besarnya dukungan masyarakat melalui platform media sosial, terutama TikTok. Berdasarkan data Puspenpol, Gibran berhasil menjuarai kepopuleran diantara semua Cawapres,” tuturnya.

Baca juga: Puspenpol: Silent Majority dari Gen Z dan Milenial ada di TikTok

Lebih lanjut, kampanye kekinian ala Gibran dinilai sangat pas dengan generasi muda saat ini. Melalui berbagai program seperti Gibran Mendengar, Gimmick Gibran, Ekraf, UMKM, Futsal, Seni, Web3 atau NFT, dan lainnya Gibran dinilai membuktikan kapasitasnya sebagai pemimpin muda sehingga memiliki daya tarik bagi para pemilih muda.

“Saya melihat, Gibran terbukti mewakili anak muda Indonesia, dan jika Gibran bisa maka kita sebagai anak muda juga bisa,” tegas Adrian.




Adrian ZakharyPuspenpolPusat Penerangan PolitikGibran RakabumingPrabowo GibranPilpres 2024Pemilu 2024

Share to: