Suarakan Gencatan Senjata di Gaza, Selebriti Pakai Pin Merah di Oscar 2024

Suarakan Gencatan Senjata di Gaza, Selebriti Pakai Pin Merah di Oscar 2024

Suarakan Gencatan Senjata di Gaza, Selebriti Pakai Pin Merah di Oscar 2024

Billie Eilish dan Finneas pakai pin merah di Oscar 2024 (foto: Instagram/@billieilish)


Ajang Academy Awards ke-96 telah digelar di Teater Dolby di Hollywood, Los Angeles pada Minggu (10/3/2024) waktu setempat. Dalam acara tersebut sejumlah selebriti terkenal dunia terlihat tampilcmenggunakan pin merah sebagai bentuk suara untuk mendukung gencatan senjata di Gaza, Palestina.

Mereka yang menggunakan pin tersebut adalah Billie Eilish, Finneas, Mark Ruffalo, Ava DuVernay, Ramy Youssef, dan Quannah Chasinghorse. Pin ini memiliki lambang telapak tangan dengan warna senada dengan gambar hati hitam ditengahnya.

Baca juga: Christopher Nolan Menang Oscar Pertama Kali Berkat Oppenheimer

"Kami menyerukan gencatan senjata permanen secepatnya di Gaza. Kami menyerukan perdamaian dan keadilan, keadilan abadi, bagi rakyat Palestina. Dan menurutku ini adalah pesan universal yang adil," ungkap Ramy Yousse dilansir dari USA Today, Selasa (12/3).

Mereka juga bergabung dengan sekitar 400 selebriti lainnya di Artist4Ceasefire yang mendesak Kongres AS dan Presiden Joe Biden untuk meminta gencatan senjata segera di Gaza dan Israel.

"Pin ini melambangkan dukungan kolektif untuk gencatan senjata segera dan permanen, pembebasan semua tawanan, dan pengiriman bantuan kemanusiaan yang mendesak kepada warga sipil di Gaza,” tulis pernyataan Artists4Ceasefire.

Baca juga: Mendiang Lee Sun Kyun Dikenang di Sesi In Memoriam Oscar 2024

(foto: USA Today)

Ketika gelaran Oscar dilaksanakan, masyarakat juga mengadakan demo di dekat venue menuntut gencatan senjata di Gaza. Banyak pendemo yang memakai jas bernoda darah sebagai wujud Oscar yang digelar ditengah serangan Israel pada Gaza.




Oscar 2024Ceasefire NowGencatan SenjataPin Merah di Piala Oscar

Share to: