Jadi Smart City, IKN Bakal Ada Mobil Terbang hingga Tiang Listrik yang Bisa Bicara

Jadi Smart City, IKN Bakal Ada Mobil Terbang hingga Tiang Listrik yang Bisa Bicara

Jadi Smart City, IKN Bakal Ada Mobil Terbang hingga Tiang Listrik yang Bisa Bicara

IKN Bakal Ada Mobil Terbang hingga Tiang Listrik yang Bisa Bicara (Foto: Istimewa)


Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono mengatakan bahwa mobil terbang bakal mengudara di IKN pada tahun 2045. Ini sejalan dengan konsep Smart City yang diusung IKN sebagai Kota Hutan Berkelanjutan.

"Bus nanti tanpa sopir, bahkan nanti akan ada mobil terbang pada tahun 2045. Pokoknya canggih banget, loh," kata Bambang dikutip dari Antara, Selasa (26/3).

Baca Juga: Usung Konsep Smart City, IKN Bakal Terapkan Teknologi Blockchain

Bambang mengungkapkan bahwa dengan diterapkannya konsep kota pintar, IKN diharapkan bisa menjadi Kota Netral Emisi Karbon. Bila hal itu tercapai, artinya Indonesia sudah berkontribusi positif dalam mengatasi masalah iklim global.

"Itulah mengapa hal pertama yang dibangun saat ini adalah persemaian yang tujuannya untuk mendukung program reforestasi. Salah satunya adalah di Persemaian Mentawir yang bisa menghasilkan 15 sampai 20 juta bibit tanaman per tahun. Itu baru dari satu persemaian, belum dari persemaian lain," ucapnya.

Selain mobil terbang, Bambang menyebut nanti nya di IKN akan ada tiang listrik yang bisa menjawab arah.

"Tiang-tiang listrik itu nanti berfungsi juga sebagai tempat-tempat informasi, misalnya gitu ya. Jadi ada tiang tiba-tiba kita mau tanya 'Ini kalau saya mau ke kafe ini lewat mana?' Dia bisa jawab," ujar Bambang.

Bambang mengatakan pihaknya juga mengembangkan transporasi berteknologi tinggi di IKN. Ia menyebut akan ada mobil terbang hingga angkutan umum tanpa awak di sana.

Ia mengatakan pihaknya akan menguji coba jenis-jenis transportasi di IKN. Ia berharap pada 2045 transportasi tersebut bisa direalisasikan.




IKNIbu Kota NusantaraMobil terbang IKNTiang listrik IKN

Share to: