Perpanjang Kontrak, Shin Tae-yong Janji Akan Belajar Bahasa Indonesia

Perpanjang Kontrak, Shin Tae-yong Janji Akan Belajar Bahasa Indonesia

Perpanjang Kontrak, Shin Tae-yong Janji Akan Belajar Bahasa Indonesia

Shin Tae-yong Janji Akan Belajar Bahasa Indonesia (Foto: Instagram @shintaeyong7777)


Pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong menyepakati perpanjangan kontrak untuk melatih Timnas Indonesia hingga tahun 2027.

Akan berada di Indonesia hingga tiga tahun ke depan, Shin Tae-yong berjanji akan belajar bahasa Indonesia. Saat ini, Shin Tae-yong hanya bisa mengucapkan beberapa kalimat sederhana, dan lebih sering menggunakan penerjemah untuk berbicara kepada pemain.

Baca Juga: Here We Go! Shin Tae-yong Resmi Perpanjang Kontrak di Timnas Indonesia hingga 2027

"Saya mohon maaf tidak bisa bahasa Indonesia, tetapi ke depannya saya akan belajar bahasa Indonesia karena akan berada di sini hingga 2027," kata Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong sendiri mengaku sudah mencapai kata sepakat dengan Ketua PSSI, Erick Thohir untuk memperpanjang kontraknya. Namun, detail mengenai perpanjangan kontrak masih terus diurus hingga pengumuman resmi nantinya.

"Ini (kontrak) memang ditanda tangani tapi memang sudah ada pembicaraan dengan pak Erick Thohir (Ketum PSSI) bahwa akan terus bersama sampai tahun 2027," ujar Shin Tae-yong.

Baca Juga: Pupus Sudah, Timnas Indonesia Dipastikan Tak Ikut Olimpiade Paris 2024

Meski belum menghadirkan gelar juara untuk Timnas Indonesia, namun Shin Tae-yong berhasil merubah gaya permainan Timnas menjadi lebih baik. Hasilnya ranking Timnas di FIFA meroket, dari sebelum ia tangani yakni ranking 175 hingga kini berhasil naik ke-134.

Agenda terdekat Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia adalah lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 grup F melawan Irak (6/6) dan Filipina (11/6) di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. 

Timnas Indonesia saat ini menduduki posisi kedua di bawah Irak dan berpotensi melaju ke babak ketiga kualifikasi jika berhasil duduk di dua besar. Dengan duduk di posisi dua besar pula, Indonesia dipastikan akan tampil di Piala Asia 2027.




Shin Tae-yongShin Tae-yong belajar bahasa IndonesiaShin Tae-yong perpanjang kontrak

Share to: