Adrian Zakhary Soroti Wisuda Metaverse di Universitas Siber Asia

Adrian Zakhary Soroti Wisuda Metaverse di Universitas Siber Asia

Adrian Zakhary Soroti Wisuda Metaverse di Universitas Siber Asia

Adrian Zakhary Soroti Wisuda Metaverse di UNSIA (Foto: Istimewa)


Perguruan tinggi swasta siber pertama, Universitas Siber Asia (UNSIA) menggelar wisuda perdana, Minggu (23/6). Wisuda tersebut dilakukan secara hybrid serta menggunakan teknologi metaverse dan virtual reality (VR).

Dalam wisuda perdana, UNSIA melantik 53 orang wisudawan dari 5 program studi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) pada jenjang S1 yang berbeda, yaitu Manajemen, Akuntansi, Sistem Informasi, Informatika dan Komunikasi.

Baca Juga: Founder MAJA Labs, Adrian Zakhary Apresiasi Rencana Pemerintah Ingin Pakai Metaverse untuk Manasik Haji

Rektor dan jajaran pimpinan menggunakan teknologi metaverse, untuk melantik mahasiswa di program studi informatika yang berdomisili di Korea Selatan. Pada saat pelantikan, rektor dan jajaran menggunakan alat VR yang disematkan di kepala dan tangannya.

Pakar digital, Adrian Zakhary berharap penyelenggaraan wisuda menggunakan metaverse ini bisa ditiru oleh kampus lain, meski bukan kampus khusus siber, seperti yang sudah dilakukan Telkom University pada masa pandemi kemarin.

"Universitas Siber Asia telah menunjukkan bahwa teknologi dapat membawa pengalaman wisuda ke tingkat yang baru. Saya berharap kampus lain dapat mengikuti jejak ini dan memanfaatkan teknologi Metaverse, seperti yang juga dilakukan Telkom University beberapa waktu lalu," ungkap Adrian Zakhary.

Adrian Zakhary menyebutkan bahwa metaverse bisa menjadi sebuah wadah baru untuk dilakukannya pertemuan digital.

"Metaverse ini merupakan teknologi baru yang sangat potensial karena bisa dijadikan wadah untuk pertemuan digital, seperti wisuda yang dilakukan UNSIA, konser bahkan gathering," sebut Adrian.

Untuk itu, Adrian Zakhary bersama MAJA Labs selalu mendorong untuk penggunaan teknologi-teknologi terbarukan, seperti blockchain, metaverse.

Baca Juga: Indonesia Punya Potensi Kuasai Industri Kreatif di Era Metaverse

Salah satu cara yang dilakukan MAJA Labs untuk mengedukasi penggunaan teknologi tersebut adalah mengadakan seminar, berkolaborasi dengan pegiat/investor serta menggelar acara berskala internasional, Bali Digital Fashion Week 2022.




Wisuda metaverseUniversitas Siber AsiaUNSIABlockchainMAJA LabsAdrian Zakhary

Share to: