Cara Unik Warga Solo Dukung Timnas U-16 Indonesia di Piala AFF U-16 2024

Cara Unik Warga Solo Dukung Timnas U-16 Indonesia di Piala AFF U-16 2024

Cara Unik Warga Solo Dukung Timnas U-16 Indonesia di Piala AFF U-16 2024

Khitan Massal untuk Dukung Timnas U-16 Indonesia di Piala AFF U-16 2024 (Foto: Kuyou)


Kota Solo terpilih untuk menjadi tuan rumah Piala AFF U-16 2024 yang sekarang bernama Piala ASEAN U-16 Boys Championship 2024.

Timnas U-16 Indonesia turut berpartisipasi dalam ASEAN U-16 Boys Championship 2024. Seorang penguasa batik di Kota Solo, Heru Cahyono, pemilik Omah Laweyan melakukan cara unik untuk memberikan dukungan kepada Garuda Muda.

Baca Juga: Semangat Full Power, Jan Ethes Curi Perhatian Saat Nonton Timnas U-16 Indonesia di Solo

Adapun Heru menggelar khitanan massal 100 anak yang mengenakan jersey skuad Garuda Muda warna merah.

Acara khitanan massal ditandai dengan pelepasan 100 ekor burung pipit, dan 5 ekor perkutut sebagai simbol kebebasan dan kemenangan agar Timnas selalu juara.

Usai pelepasan burung pipit, secara bergantian sejumlah anak masuk ruang khusus untuk dikhitan yang menggunakan metode elektrik cauter oleh puluhan tenaga medis profesional dari Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Solo.

Usai dikhitan anak-anak tersebut merasa lega dan bahagia. Rasa bahagia mereka bertambah ketika mendapatkan hadiah berupa peralatan sekolah dan uang saku serta sebuah bola.

“Takut sama sakit dikit tadi. Tapi senang pulang-pulang dapat bola sama tas. Tasnya bisa buat sekolah,” kata Fatih peserta Khitanan Massal kepada wartawan, Sabtu (29/6).

Heru Cahyono juga menhadirkan permainan bagi anak-anak yang belum mendapatkan giliran dikhitan. Permainan tersebut adalah menendang bola ke gawang, jika berhasil mereka akan mendapatkan doorprize. Selain itu, anak-anak juga dihibur dengan permainan sulap juga dongeng cerita anak.

Diketahui bahwa kegiatan khitanan massal tersebut merupakan kegiatan rutin tiap tahun dan untuk tahun ini merupakan ke-6 yang digelar oleh Omah Batik Laweyan, bertempat Saudagar Laweyan, Jalan Gondosuli 125, Laweyan, Solo, Jawa Tengah.

"Kita sebagai warga Solo bangga menjadi tuan rumah yang kedua kali skala internasional. Kemarin U-17, dan sekarang U-16 AFF. Dengan konsep khitanan massal ini, kita berpartisipasi mendukung timnas Indonesia untuk juara," kata Heru Cahyono, Owner Batik Omah Laweyan Solo.

Tidak hanya diikuti oleh anak-anak dari Kota Solo, tetapi juga dari luar kota dengan berbagai latar belakang agama yang berbeda.

"Sebenarnya pendaftar lebih banyak, dan ini hanya sebagai ucapan syukur kita. Peserta berusia 5-9 tahun, semoga bisa menjadi penerus bangsa dalam berjuang untuk negeri di kancah sepakbola ASEAN bahkan dunia," lanjut Heru.

Mangkunegara X Dukung Kegiatan Khitan Massal

Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya atau KGPAA Mangkunegara X, Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo atau biasa disapa Gusti Bhre, hadir dalam acara 'Khitanan Massal Dukung Timnas U-16' ini. Dirinya hadir untuk memberikan semangat kepada anak-anak.

"Saya hanya menyemangati anak-anak saja. Tentunya tadi ada anak-anak yang deg-degan, ada yang santai dan macam-macam. Hebat lah anak-anak ini, rame-rame dan pada semangat semua," kata dia.

KGPAA Mangkunegara X, juga memberikan apresiasi kepada Heru Cahhyono yang telah menggelar kegiatan sosial khitanan massal.

"Pak Heru menurut saya sudah mengadakan suatu kegiatan yang sangat bermanfaat untuk masyarakat sekitar," lanjut dia.

Piala AFF U-16 2024 yang digelar di Kota Solo berlangsung 21 Juni Hingga 3 Juli 2024, diikuti 12 negara yaitu, Indonesia,  Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, Kamboja, Brunei Darussalam, Myanmar, Laos, Philipina, Timor Leste Dan Australia.

Baca Juga: Jibril Mahendra Akbar, Atlet Muda Tembak Reaksi Asal Solo yang Berprestasi

Pemkot Solo mempersiapkan enam venue untuk perhelatan PIala AFF U-16 2024, yaitu tiga venue utama Stadion Manahan, Stadion Sriwedari dan Stadion UNS. Dan tiga venue untuk latihan yaitu lapangan Kota Barat, lapangan Banyuanyar dan lapangan Sri Waru.




Piala AFF U-16 2024ASEAN U-16 Boys Championship 2024Khitan massal SoloTimnas U-16 IndonesiaGibran RakabumingMangkunegara XGusti Bhre

Share to: