PWI Jaya Bimbing 25 Calon Anggota di OKK Angkatan ke-18

PWI Jaya Bimbing 25 Calon Anggota di OKK Angkatan ke-18

PWI Jaya Bimbing 25 Calon Anggota di OKK Angkatan ke-18

OKK Angkatan ke-18 PWI Jaya (Foto: Istimewa)


Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jaya menggelar Orientasi Kewartawanan dan Keorganisasian (OKK) angkatan ke-18 di Markas PWI Jaya, Jakarta, Jumat (11/10).

OKK ke-18 kali ini dihadiri 25 wartawan calon anggota PWI. Disini, para calon anggota diberikan bimbingan mengenai kaidah dan kode etik jurnalistik serta pengenalan mengenai PWI oleh para pemateri.

Baca Juga: Kolaborasi dengan UMN, Dewan Pers Rilis Temuan Terbaru tentang Industri Media dan Digitalisasi

Adapun para pemateri yang hadir kali ini adalah jajaran pengurus PWI Jaya, yakni Kadirah (Wakil Ketua Bidang Pembinaan Daerah), Ronny Kusuma (Anggota Dewan Kehormatan) dan Indra Utama (Wakil Ketua Bidang Pendidikan).

Kadirah mengenalkan secara singkat mengenai PWI dan keanggotannya. PWI sendiri didirikan pada 9 Februari 1946 di Solo, maka dari itu, Hari Pers Indonesia diperingati setiap tanggal 9 Februari sekaligus memperingati berdirinya organisasi pers pertama di Indonesia itu.

Sementara itu, Ronny Kusuma menekankan pentingnya bagi para wartawan untuk memahami Kode Etik Jurnalistik, serta mengetahui batasan-batasan bagi seorang wartawan agar tidak keluar dari kode etik.

Baca Juga: Menkominfo di Seminar Nasional Dewan Pers Tegaskan Pentingnya Jurnalisme Berkualitas: Jangan Clickbait!

Pemateri yang terakhir, Indra Utama memberikan sedikit penjelasan mengenai pedoman menulis sebuah berita di media digital, seperti menggunakan Search Engine Optimization (SEO) hingga menulis berita yang ringkas namun tetap akurat dan faktual.




Persatuan Wartawan IndonesiaPWIPWI JayaOKK PWI

Share to:



Modal Video 01