Viral Isu Kiamat, Apa Itu Arti Dukhan?

Viral Isu Kiamat, Apa Itu Arti Dukhan?

 Viral Isu Kiamat, Apa Itu Arti Dukhan?

Apa Itu Arti Dukhan? (Foto: Istimewa)


Akhir-akhir ini muncul isu tentang kiamat. Orang-orang menjadi sering membicarakan Surat Ad Dukhan. Hal itu terkait dengan pembicaraan tentang fenomena alam yang dianggap sebagai tanda-tanda kimat. Fenomena asteroid Apollo yang mendekati bumi, salah satunya.

Nah, sebenarnya apa sih arti Dukhan sebenarnya?

Dalam surat Ad Dukhan ayat 10-15, dijelaskan bahwa akan muncul ad dukhan di akhir zaman nanti atau jelang kiamat. Dalam ayat ini dituliskan bahwa dukhan akan terjadi pada fase keempat, fase di mana umat Islam dipimpin sosok yang menegakkan hukum-hukum yang tidak sesuai.

فَارْتَقِبْ يَوْمَ تَأْتِي السَّمَاءُ بِدُخَانٍ مُبِينٍ يَغْشَى النَّاسَ هَذَا عَذَابٌ أَلِيمٌ

"Maka tunggulah hari ketika langit membawa dukhan (kabut) yang nyata. yang meliputi manusia. Inilah azab yang pedih." (QS. Ad Dukhan ayat 10 – 11).

Al Imam Al Qurthubi juga menjelaskan soal makna ad dukhan dalam tafsirnya. Menurutnya, ada tiga pendapat soal makna ad dukhan. Pertama, ad dukhan adalah salah satu tanda hari kiamat yang belum terjadi. Sosok yang berpendapat itu adalah Ali, Ibnu Abbas, Ibnu 'Amr, Abu Hurairah, Zaid bin Ali, Al Hasan, dan Ibnu Abi Mulaikah.

Kedua, berdasarkan pendapat dari Ibnu Mas'ud, ad dukhan adalah khayalan yang menimpa kaum Quraisy ketika mereka mengalami kelaparan ekstrem atas doa Nabi Muhammad SAW. Orang-orang saat itu seperti melihat dukhan (asap) di antara langit dan bumi. 

Ketiga, berdasarkan pendapat Abdurrahman Al A'Rajat, ad dukhan disebut sebagai debu yang mengepul di hari Fathu Makkah hingga menutupi langit. 

Disebutkan dalam hadits dari Hudzaifah bin Usaid radhiallahu'anhu, Rasulullah SAW bersabda: 

إنَّ السَّاعَةَ لا تَكُونُ حتَّى تَكُونَ عَشْرُ آيَاتٍ: خَسْفٌ بالمَشْرِقِ، وَخَسْفٌ بالمَغْرِبِ، وَخَسْفٌ في جَزِيرَةِ العَرَبِ وَالدُّخَانُ وَالدَّجَّالُ، وَدَابَّةُ الأرْضِ، وَيَأْجُوجُ وَمَأْجُوجُ، وَطُلُوعُ الشَّمْسِ مِن مَغْرِبِهَا، وَنَارٌ تَخْرُجُ مِن قُعْرَةِ عَدَنٍ تَرْحَلُ النَّاسَ

"Tidak akan terjadi hari kiamat hingga kalian melihat sepuluh tanda: bencana penenggelaman manusia ke tanah di negeri barat, negeri timur dan di jazirah Arab, terjadi ad dukhan, munculnya dajjal, munculnya dabbah, munculnya Ya'juj dan Ma'juj, terbitnya matahari dari barat, munculnya api yang keluar cekungan Aden yang mengusir manusia." (HR. Muslim no.2901).

Disebutkan bahwa ad dukhan akan berbentuk asap. Jika umat Muslim yang terkena, maka hanya akan seperti merasakan pilek. Namun, jika orang kafir yang terkena, maka akan keluar cairan dari kuping dan akan merasakan kesakitan yang luar biasa.

Dari Abu Malik Al Asy’ari radhiallahu’anhu, Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya Rabb kalian memperingatkan kalian dari tiga hal: asap yang jika mengenai orang Muslim maka mereka merasakan seperti pilek, sedangkan jika mengenai orang kafir maka mereka akan sesak nafas dan keluar cairan dari kuping mereka, kemudian yang kedua munculnya dabbah dan yang ketiga munculnya dajjal." (HR. Thabrani, dihasankan oleh Ibnu Katsir dalam Tafsir-nya, 7/235).




Ad DukhanHari Kiamat

Share to: