Sadar Enggak Sih? 4 Tradisi Ramadan Hilang di Tahun 2020

Sadar Enggak Sih? 4 Tradisi Ramadan Hilang di Tahun 2020

Foto

4 Tradisi Ramadan Hilang di Tahun 2020


Nggak kerasa ya gaes bulan suci Ramadan udah ke-19 aja nih, ibadah puasa pun terhitung sejak Jumat 24 April 2020 lalu. Tentunya Ramadan tahun ini sangat berbeda karena ditengah pademi Covid-19 yang mengharuskan kita #dirumahaja.

Dengan adanya pademi corona ini apakah kalian sadar gaes ada lho  beberapa tradisi yang sering sekali kita lakukan setiap Ramadan terpaksa nggak dilakukan tahun ini.

Tradisi apasaja sih itu? Biar kalian nggak semakin penasaran yuk simak aja gaes disini.

1. Sahur On The Road

Foto: Istimewa

Saat bulan Ramadhan biasanya banyak komunitas atau organisasi yang mengadakan acara sahur on the road untuk membagikan makanan sahur kepada orang-orang yang tidak mampu. Tahun ini tentu saja nggak dilakukan karena menghindari keramaian yang memcu pada penularan Covid-19.

2. Ngabuburit sambil berburu takjil

Foto: Istimewa

Tradisi Ngabuburit pada waktu sore hari menjelang waktu berbuka puasa untuk berburu takjil merupakan salah satu momen paling ditunggu-tunggu pada saat bulan puasa. Akan tetapi, dimasa pandemi corona seperti saat ini, tradisi ngabuburit dihimbau untuk tidak dilakukan. Karena bisa menimbulkan keramaian.

3. Buka puasa bersama

Foto: Istimewa

Salah satu tradisi yang selalu dinanti saat Ramadhan, apalagi kalau bukan buka bersama alias bukber. Berkumpul bersama keluarga dan teman untuk bukber tahun ini tidak bisa dilakukan sedih banget ya gaes. 

4. Mudik

Foto: Istimewa

Tradisi terakhir sekaligus tradisi yang paling sedih yaitu nggak bisa pulang ke kampung halaman untuk berkumpul bersama keluarga bersar karena pademi Covid-19 ini. Tradisi mudik yang biasanya dilakukan saat menjelang Idul Fitri.

Nah, itu dia gaes empat tradisi yang nggak ada di tahun ini karena Covid-19.




Ramadan4 Tradisi Ramadan Hilang di Tahun 2020MudikSahur On The RoadTakjil

Share to: