5 Film Bertema Kesehatan Mental, Wajib Nonton Siapa Tahu Relate Nih

5 Film Bertema Kesehatan Mental, Wajib Nonton Siapa Tahu Relate Nih

Foto

5 Film Bertema Kesehatan Mental, Wajib Nonton (Foto: YouTube)


FYI nih gaes, hari kesehatan mental sedunia diperiangi pada 10 Oktober kemarin. Buat memperingati hari tersebut, berikut ini ada 5 film bertema kesehatan mental yang wajib banget kamu tonton.

Hari kesehatan mental sedunia ini dirayakan pertama kali pada 1992. Perayaan hari kesehatan mental ini relate banget dengan kondisi tahun 2020 yang penuh cobaan dan tekanan karena COVID19. 

BACA JUGA: Jarang Tahu, Deleted Scene Film Scooby Doo Tahun 2002, Daphnie Curi Perhatian

Makin lama, orang makin aware akan adanya isu kesehatan mental. Buat ngingetin kamu kalo kesehatan mental itu penting, tonton deh film-film bertema kesehatan mental berikut ini. Gak sekedar menghibur aja gaes, tapi kamu juga bakal nambah pengetahuan soal isu kesehatan mental. 

Ini dia 5 film bertema kesehatan mental yang wajib banget kamu tonton, siapa tau relate.

1. Rain (1988) bertema tentang autisme

Film ini menceritakan tentang kakak beradik Charlie (Tom Cruise) dan Raymond (Dustin Hoffman). Sang adik, Charlie baru mengetahui bahwa kakaknya, Raymond adalah penderita autisme. 

Ketika sang ayah meninggal, mereka diwarisi sejumlah uang untuk biaya perawatan mental Raymond. Charlie kemudian berusaha mendapat uang itu. Namun, usahanya justru membuatnya lebih mengenal sang kakak, begitupun dengan sang kakak Raymond. 

2. What About Bob (1991) tentang gangguan kecemasan

Film satu ini merupakan film bergenre komedi yang menampilkan Bill Murray dan Richard Dreyfuss. Murray mendapat peran sebagai Bob Wiley yang merupakan seorang pasien gangguan kecemasan tingkat tinggi. Sedangkan Dreyfuss berperan sebagai seorang dokter psikiatris bernama Dr. Leo Marvin. 

Ketika Dr. Leo Marvin sedang berlibur, Bob ternyata mengikuti sang dokter. Film ini membuat kita belajar akan pentingnya menemukan mental health provider.

BACA JUGA: 7 Rumah Ikonik Dalam Film Indonesia, Sekolah Laskar Pelangi sampai Rumah Pengabdi Setan, Jadi Tempat Wisata Lho

3. As Good As It Gets (1997) bercerita soal OCD

As Good As It Gets (1997) menceritakan tentang seseorang bernama Melvin Udall (Jack Nicholson) yang mengidap obsessive compulsive disorder (OCD). Suatu hari, terjadi kecelakaan yang menimpa tetangganya. Hal itu mengharuskan Melvin untuk merawat anjing peliharaannya. Hubungan Melvin dan anjing itu ialah awal mula dirinya pulih dari OCD. 

Dalam film ini, kita seperti disadarkan bagaimana publik tak mengerti dan memahami gejala penyakit OCD.   

4. Silver Linings Playbook (2012) tentang gangguan bipolar

Film ini menceritakan tentang seseorang bernama Patrizio Solitano Jr (Bradley Cooper) yang baru saja keluar dari rumah sakit jiwa (RSJ) karena divonis mengidap gangguan bipolar. Ia masuk RSJ karena ditemukan mengamuk saat mengetahui istrinya, Nikki berselingkuh dengan pria lain. 

Di sisi lain, Pat bertemu dengan seseorang bernama Tiffany Maxwell (Jennifer Lawrence) yang mengalami depresi karena kehilangan suaminya.Ia juga sempat membuat kekacauan di kantor yang berakhir pada pemecatannya. 

Keduanya kemudian makin tertarik satu sama lain. Namun, depresi dan bipolar yang mereka idap menjadi halangan utama. 

5. Inside Out (2015) bercerita soal kesehatan mental secara umum

Inside Out (2015) merupakan salah satu film animasi yang menceritakan soal rangkaian emosi seorang anak kecil. Dari mulai bahagia, sedih, marah, takut, bahkan sampai jijik. Perasaan-perasaan ini bekerja sama untuk membuat sang anak memahami bagaimana masa sulit yang dihadapinya. 

Gak cuma menghibur gaes, film ini juga termasuk cerdas, modern, dan membawa isu kesehatan mental dengan konteks yang lebh baru. 

Nah itu dia gaes, 5 film bertema kesehatan mental yang mungkin kalian belum pernah nonton, langsung aja tonton gaes.




Filmrekomendasi filmkesehatan mentalfilm tentang kesehatan mentalhari kesehatan mental sedunia

Share to: