Apakah Saya Hamil Jika Telat Haid? Simak Dokter Sung Nih Gaes

Apakah Saya Hamil Jika Telat Haid? Simak Dokter Sung Nih Gaes

Apakah Saya Hamil Jika Telat Haid? Simak Dokter Sung Nih Gaes

Tangkap layar Dokter Sung jelaskan penyebab telat haid (Foto: YouTube/SB30 Health)


Buat para wanita jika mangalami telat haid pastinya akan bingung dan gelisah, beragam pertanyaan pun pasti akan muncul, apakah hamil atau hormon emang yang tidak teratur.

Seperti yang kita tahu, wanita dewasa pasti akan mengalami menstruasi atau haid.  Karena hal ini wanita juga bisa dikatakan sudah memasuki usia balig dan sudah dewasa gaes. 

Namun, siklus haid yang dialami wanita emang berbeda-beda ada yang teratur dan ada juga yang tidak teratur. 

Nah, banyak juga yang sering mengaku mengalami telat haid. Telat haid kemungkinan juga bisa dikatakan hamil. Namun, nggak semua seperti itu gaes. Ternyata ada juga penyebab kenapa wanita bisa mengalami telat haid.

BACA JUGA: 10 Spesifikasi dan Fakta Pesawat SJ182 Boeing 737-500, Sriwijaya Air Jakarta-Pontianak

Kali ini Tim KUYOU.id sudah merangkum beberapa penyebab kenapa wanita bisa mengalami telat haid menurut Dokter Sung. Penasaran kan? Simak ulasannya berikut ini.

1. Menopause

Bagi seorang wanita kalau sudah mulai memasuki usia menopause akan sering mengalami haid tidak teratur atau telat haid.

Bisanya ini terjadi pada wanita yang sudah berusia diatas 40 tahun gaes.

2. Olahraga yang berlebihan

Siapa sangka tenyata melakukan olahraga yang berlebihan bisa juga menjadi penyebab terjadinya telat haid lho gaes. Hal itu terjadi karena tubuh kita mengalami kelelahan, sehingga akan mengganggu siklus haid.

3. Diet Ketat

Hormon manusia juga membutuhkan asupan nutrisi untuk membentuk hormon. Kalau nutrisi yang kita konsumsi kurang, maka akan mengalami gangguan hormonal apabila melakukan diet terlalu ketat. Sehingga bisa mengacaukan siklus haid kamu gaes.

4. Kegemukan

Gak cuma orang berbadan kurus saja lho yang bisa telat haid, tapi orang yang berbadan gemuk berlebihan juga bisa mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur gaes. Makanya, disaran banget untuk kamu bisa mempertahankan badan yang ideal ya. 

5. Gangguan pada bagian otak 

Selanjutnya penyebab terjadinya telat haid adalah adanya gangguan pada bagian otak, dimana hypothalamus dibagian otak ini berfungsi mengirimkan sinyal-sinyal hormon ke organ seluruh tubuh. 

BACA JUGA: Ini Alasan Penyebab Insecure dan Cat Calling Bikin Cewek Minder, Kamu Relate?

Jika bagian organ tubuh itu mengalami gangguan maka akan mengalami telat haid gaes.

6. Pil KB

Sebagai infirmasi aja nih gaes, ternyata penggunakan pil hormon atau pil KB ini juga akan menyebabkan siklus mentruasi tidak normal sehingga terjadilah telat haid gaes.

7. Stres

Stres juga bisa menjadi pemicu terjadinya gangguan menstruasi lho. Akibat stres yang tingkatnya terlalu tinggi, bisa juga mengacaukan siklus menstruasi gaes.   

Nah itu dia beberapa penyebab terjadinya telat haid menurut Dokter Sung. Semoga informasinya bermanfaat ya gaes.

BACA JUGA: BOOM, Telegram Nge-Roasting WhatsApp Minta Netizen Uninstall Gaes Ngakak




Dokter SungPenyebab Telat HaidFaktor Telat HaidDokter Sung Jelaskan Penyebab Tetat HaidApa Saja Penyebab Tetat HaidPenyebab Telat Mentruasi

Share to: