Wajib Tahu, Ini Cara Membuat Foto Lebih Instagramable untuk Diunggah Lewat Instagram Gaes

Wajib Tahu, Ini Cara Membuat Foto Lebih Instagramable untuk Diunggah Lewat Instagram Gaes

Wajib Tahu, Ini Cara Membuat Foto Lebih Instagramable untuk Diunggah Lewat Instagram Gaes

Ini cara membuat foto menjadi instagramable (Sumber Foto: Pixabay)


Buat kamu yang mau fotonya lebih instagramable saat diunggah lewat Instagram, ada beberapa cara nih yang wajib banget kamu tahu gaes. 

Setiap harinya Instagram dipenuhi jutaan gambar dan foto yang diunggah oleh para penggunanya, dengan berbagai macam kualitas foto gaes. 

Gambar yang sempurna adalah gambar yang memiliki komposisi pencahayaan, warna, dan suasana atmosfir yang baik gaes. Untuk itu, terkadang seseorang perlu untuk mengedit fotonya agar terlihat sangat menarik. Hingga nantinya banyak orang yang akan menyukai di laman Instagramnya. 

Sekarang banyak orang yang menginstal aplikasi edit foto di hanphonenya. Hal ini dilakukan demi menghasilkan foto yang bagus dan sempurna gaes. Pasalnya, kamera bagus ditambah dengan aplikasi edit bakal menghasilkan foto yang pastinya Instagramable gaes.

BACA JUGA: 8 Cara Fokus Belajar Online di Rumah Selama Pandemi, Nomor 3 Penting Banget Gaes

Nah, kali ini Tim KUYOU.id sudah merangkum beberapa tips cara membuat foto menjadi lebih instagramable untuk diunggah lewat Instagram gaes. Apa itu? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Pastikan Pencahayaan Cukup

Pastikan objek yang difoto memiliki pencahayaan yang cukup. Prioritaskan pencahayaan natural daripada cahaya buatan, misal dari cahaya matahari gaes. 

Pada dasarnya, pencahayaan alami akan senantiasa menambah keindahan objek daripada cahaya buatan yang disiapkan untuk menunjang hasil foto gaes.

Gunakan Aplikasi Editing

Banyak aplikasi gratis di luar sana yang kaya akan fitur-fitur canggih, seperti Snapseed dan Adobe Photoshop Mobile . Penggunanya bisa memanfaatkan berbagai fitur yang ada di software tersebut, yang kemungkinan fitur tersebut nggak ada di Instagram gaes. 

Ada juga aplikasi yang menawarkan kemudahan sunting foto sederhana seperti InShot, PhotoGrid, dan lain sebagainya gaes.

Coba Berbagai Filter

Efek dan filter yang ada di Instagram dan aplikasi edit foto lainnya merupakan sebuah fitur tambahan guna menguak sisi kreatif penggunanya gaes.

Terapkan beberapa efek dan filter yang ada pada aplikasi edit dan rasakan serta amati bedanya. Namun perlu diingat, filter bisa diatur intensitasnya dan sebaiknya tak dipasang di tingkat maksimum ya!

Hindari Edit Berlebihan 

Menyunting foto memang bertujuan untuk mempercantik gambar. Namun terlalu banyak efek edit akan memudarkan kealamian foto gaes. Manfaatkan basic enhancement tools, seperti contrast, shadows, warmth, dan highlights dalam editing secukupnya. 

BACA JUGA: Begini Cara Daftar Apps CLUBHOUSE Audio Pakai Invitation, Bisa Bikin Kamu Pintar Gaes

Meskipun ini fitur dasar, meningkatkan salah satu aspek, seperti kontras berlebihan akan mengakibatkan foto nggak bagus untuk dipandang gaes.

Tetap seimbangkan satu aspek dengan yang lainnya pada pengaturan ini, jangan sampai editan yang kamu buat malah bikin foto terlihat aneh ya gaes.

Utamakan Kualitas

Mengunggah gambar sebanyak-banyaknya di Instagram tidak akan membantu sang pengunggah menjadi mahir menjepret gaes. Perhatikan komposisi foto, lighting sekitar, dan kondisi lingkungan sebelum menjepret, yang paling penting adalah jangan terburu-buru agar fokus foto tidak kabur atau blur gaes.

Banyak Mencoba 

"Practice makes perfect". Peribahasa itu juga berlaku untuk mereka yang mau jago dalam fotografi gaes. Sebaiknya pengguna nggak perlu merasa takut untuk mengabadikan sebuah momen atau situasi. 

Untuk mengasah kemampuan penjepretan, ambil beberapa gambar dengan satu objek yang sama namun melalui beberapa angle berbeda. Dari situlah nantinya akan terlihat foto dari sisi mana yang menjadi andalan pengguna.

Gunakan Aplikasi Vsco

Nama aplikasi VSCO mungkin sudah nggak asing lagi buat sebagian orang yang hobinya edit foto. Iya nggak sih gaes? Pasalnya, VSCO memang menjadi salah satu aplikasi favorit para selebgram.

Aplikasi ini menawarkan preset mobile yang mengesankan, penggunanya juga bisa mengatur filter, pencahayaan, warna, bayangan dan lain sebagainya gaes. Menariknya lagi, hasil editan di VSCO bisa ditampilkan pada profil agar dilihat banyak orang gaes.

Aplikasikan Lightroom

Adobe Photoshop Lightroom CC juga memiliki pengaturan cahaya, bayangan, warna yang membuat foto tampak lebih hidup lho gaes. 

BACA JUGA: Wajib Tahu, Ini Tips Cara Menghilangkan Mata Panda dengan Bahan Alami Gaes

Jika kamu mau menghilangkan noda-noda bekas jerawat di wajah atau objek yang menganggu pada foto, kamu juga bisa menggunakan aplikasi ini gaes.

Itu dia gaes beberapa cara membuat foto lebih instagramable untuk diunggah lewat Instagram. Selamat mencoba~ (Olivia Victoria Simanjuntak)




cara membuat Foto instagramabletips membuat foto instagramableaplikasi edit fotofoto instagramablecara edit foto instagramablecara edit gambar

Share to: