Fakta Mistis Malam Satu Suro versi Nadia Omara, Banyak Mitos Dibaliknya Gaes

Fakta Mistis Malam Satu Suro versi Nadia Omara, Banyak Mitos Dibaliknya Gaes

Fakta Mistis Malam Satu Suro versi Nadia Omara, Banyak Mitos Dibaliknya Gaes

Kolase Foto Nadia Omara Malam Satu Suro (Foto: YouTube)


Nadia Omara kembali membawakan sebuah konten horor mengenai sebuah misteri dan juga mitos dibali malam satu suro gaes. Seperti apakah ceritanya? Berikut ini merupakan fakta yang dirangkum Tim KUYOU.id. 

Nadia Omara tidak pernah berhenti memberikan sebuah fakta mistis yang terjadi disekitar kita gaes. Kali ini wanita cantik satu ini memberikan mitos mengenai malam satu suro yang terkenal angkernya lho. 

BACA JUGA: 10 Fakta Edmund Kumper si Pembunuh Berantai asal AS Akrab sama Polisi versi Nadia Omara

Berikut ini merupakan rangkuman dari Tim KUYOU.id mengenai fakta mistis dibalik mitos malam satu suro versi Nadia Omara gaes. 

Tradisi malam satu suro masih dilakukan

Ternyata untuk beberapa tempat dan daerah, tradisi yang bertepatan dengan tahun baru Islam atau yang biasa disebut dengan malam satu suro ini masih dilakukan sampai sekarang gaes. Bahkan upacara yang dilakukan juga berbeda-beda di tiap tempatnya. 

Dimulai dari masa Kerajaan Mataram 

Ternyata tradisi dari malam satu suro ini sudah ada sejak zaman Kerajaan Mataram gaes. Sultan Agung Adi Prabu Hanyakrakusuma menjadi salah satu pelopor dari upacara tersebut gaes. Wah keren banget ya. 

BACA JUGA: Legenda Gunung Tangkuban Perahu versi Nadia Omara, Ada Fakta Tersembunyi

Kedatangan Aji Saka di malam satu suro

Ternyata banyak sekali masyarakat Jawa percaya jika malam satu suro ini merupakan salah satu hari dimana legenda raja bernama Aji Saka datang untuk membebaskan rakyatnya dari genggaman makhluk gaib gaes.

Digunakan oleh masyarakat Jawa untuk berdoa dan mengintrospeksi diri 

Masyarakat Jawa sendiri selain merayakan sebuah acara, di malam satu suro ini mereka justru tidak tidur untuk berdoa semalam suntuk dan melakukan introspeksi diri sehingga kedepannya kehidupan mereka lebih baik. 

Melakukan tradisi mencuci senjata pusaka

Ternyata malam satu suro ini digunakan oleh para pendahulu untuk mencuci senjata-senjata pusaka berupa keris dan lain sebagainya. Ritual ini sendiri disebut dengan penjamasan gaes. 

Kerbau bule menjadi salah satu pusaka keraton

Ternyata siapa yang sangka jika kerbau bule merupakan sebuah pusaka dari keraton gaes. Bahkan ketika malam satu suro datang. Kerbau tersebut dipersilahkan untuk keluar dari tempatnya untuk berkeliling lho. 

Ritual Ruwatan untuk membuang sial

Salah satu yang menjadi unik dalam malam satu suro ini adalah ritual ruwatan dimana tradisi ini digunakan untuk membuang sial gaes. Tentu saja orang yang dipilih melakukan tradisi ini hanyalah orang-orang tertentu. 

BACA JUGA: Arti dan Makna Angka-angka Sial versi Nadia Omara, Kalian Percaya?

Itu dia gaes fakta mistis dibalik mitos malam satu suro versi Nadia Omara gaes. Jika kamu penasaran banget dengan pembahasan misteri dari YouTuber terkenal satu ini, langsung saja tonton videonya dibawah ini gaes.  




malam satu surokisah dibalik malam satu surofakta dibalik malam satu suromalam satu suro nadia omaranadia omaramitos malam satu suro

Share to: