Ini Dia Cara Dapatkan Diskon Listrik PLN, Bulan April 2021 Nggak Lagi Gratis Gaes

Ini Dia Cara Dapatkan Diskon Listrik PLN, Bulan April 2021 Nggak Lagi Gratis Gaes

Foto

Cara Dapatkan Diskon Listrik PLN Bulan April 2021 (Foto: Istimewa)


Buat kamu yang mau mendapatkan diskon listrik PLN yang nggak lagi gratis di bulan April 2021 ini, ada cara nih yang bisa kamu lakukan gaes. Maka dari itu, buat kamu yang penasaran bisa cek caranya di bawah ini gaes. 

Berdasarkan informasi yang beredar, PLN memperpanjang pemberian stimulus listrik untuk masyarakat kecil, pelaku usaha seperti industri dan bisnis, serta sosial periode April-Juni 2021 nih gaes. 

Stimulus yang diberikan merupakan perlindungan sosial pemerintah untuk masyarakat di masa pandemi ini gaes. 

Hal ini disampaikan langsung oleh Direktur Niaga dan Manjeman Pelanggan PLN, Bob Saril pada Selasa 30 Maret 2021.

"PLN siap mendukung dan menjalankan keputusan pemerintah untuk terus memberikan stimulus listrik bagi masyarakat kecil, pelaku usaha dan sosial yang terdampak COVID-19. Karena sifatnya perpanjangan, saya yakin penyaluran akan berjalan lancar," katanya. 

Diketahui listrik kali ini berbeda dengan sebelumnya gaes. Kalau sebelumnya diskon buat pelanggan kategori 450 VA diberikan 100 persen, mulai bulan Aprik jadi 50 persen. 

BACA JUGA: Wajib Tahu, Ini Cara Menabung dengan Gaji Kecil, Dijamin Berhasil Gaes

Nah, buat kamu yang mau mendapatkan diskon di bulan April nanti harus tahu beberapa cara berikut ini gaes. Apa itu? Simak ulasanya di bawah ini. 

Stimulus Listrik Diberikan 50 Persen dari Periode Sebelumnya

Menurut surat Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (SDM) Republik Indonesia, stimulus periode bulan April-Juni 2021 besarannya bakal diberikan separuh dari periode sebelumnya gaes. Di bawah ini adalah rinciannya.

-Pelanggan golongan rumah tangga data 450 Volt Ampera, bisnis kecil data 450 VA dan industri kecil daya 450 VA diberikan diskon tarif listrik sebesar 50 persen dengan maksimal penggunaan 720 jam listrik menyala gaes. 

-Pelanggan golongan rumah tangga daya 900 VA bersubsidi diberikan diskon dengan tarif listrik 25 persen yang maksimal penggunaannya 720 jam listrik menyala. 

-Sedangkan, pembebasan biaya beban atau abonemen dan pembebasan ketentuan rekenaing minimum sebesar 50 persen buat pelanggan industri, bisnism dan juga sosial gaes. 

Para Pelanggan Bakal Diingatkan untuk Membayar Tagihan Listrik

Buat para pelanggal pasca bayar, diskon bakal diberikan dengan langsung memotong tagitan rekening listrik pelanggan gaes. Sedangkan bagi penggan prabayar, diskon tarif listrik diberikan ketika membeli token listrik. 

"Untuk pelanggan prabayar daya 450, tidak perlu lagi mengakses token, baik di web, layanan whatsapp, maupun PLN Mobile. Stimulus akan langsung didapat saat membeli token listrik," terang Bob. 

BACA JUGA: 7 Cara Jadi Artis Terkenal, Gak Perlu Wajah Cakep!

Gak cuma kitu aja gaes, Bob juga menekankan bagi pelanggan rumah tangga, bisnis dan industri daya 450 VA pasca bayar karena ada perubahan besaran stimulus mala diskon langsung didapat saat melakukan pembayaran rekening listrik gaes. 

"Kami mengingatkan, khususnya kepada pelanggan 450 VA pasca-bayar, mulai rekening bulan April 2021 harus kembali melakukan pembayaran. Namun tentunya dengan potongan dari stimulus sebesar 50 persen," tambahnya. 

Diskon 50 Persen Hanya Biaya Beban dan Pemakaian Rekening Minimum

Lebih lanjut, khusus buat pembebasan biaya beban, abonemen dan tekentuan rekening minimum,  pemberian stimulus bakal diberikan secara otomatis dengan melakukan pemotongan tagihan rekening listrik pelanggan bisnis, sosial dan industri. 

"Potongan sebesar 50 persen hanya diberikan untuk biaya beban/abonemen dan biaya pemakaian rekening minimum," kata Bob lagi. 

BACA JUGA: Ternyata Gini Cara Kerja Virtual Police, Agak Ngeri-ngeri Sedap Gaes

Nah, itu lah cara dapatkan diskon listrik PLN yang nggak lagi gratis di bulan April 2021 mendatang gaes. 




Cara Dapatkan Diskon Listrik PLNDiskon PLN Bulan AprilListrik PLN Nggak GratisDiskon Listrik PLNListrik PLNPLN

Share to: