Fakta-fakta Pendaftaran CPNS 2021 Segera Dibuka, Simak Gaes!

Fakta-fakta Pendaftaran CPNS 2021 Segera Dibuka, Simak Gaes!

Fakta-fakta Pendaftaran CPNS 2021 Segera Dibuka, Simak Gaes!

Fakta-fakta pendaftaran CPNS bakal segera dibuka (Sumber Foto: Freepik)


Berikut ini adalah fakta-fakta mengenai pendaftaran CPNS 2021 yang bakal segera dibuka nih gaes. Buat kamu yang penasaran bisa langsung cek faktanya di bawah ini ya!

Seperti yang kita tahu, profesi menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil alias PNS emang selalu diminati setiap tahunnya. Bahkan, antusias masyarakat menunggu seleksi PNS dibukan pun selalu tinggi lho tiap tahunnya. 

Seperti halnya pada tahun-tahun sebelumnya, Pemerintah juga bakal membuka seleksi pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil alias CPNS dan bakal menyediakan jumlah formasi yang tinggi lho gaes.

Pendaftaran CPNS bakal dibukan pada bulan Mei sampai Juni 2021. Hal ini diumumkan langsung oleh Deputi Bidang Sumber Daya Manusia dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Teguh Widjanarko gaes.

BACA JUGA: Daftar Gaji PNS Terbaru Berdasarkan Golongan, Lengkap Fakta-faktanya Gaes

Maka dari itu, buat kamu yang berminat mendaftar, harus simak dulu fakta-fakta pendaftaran CPNS 2021 berdasarkan rangkuman dari Tim KUYOU.id berikut ini. 

CPNS 2021 Dibuka untuk 1,3 Juta Formasi

Kali ini, Seleksi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bakal dibuka tahun 2021 dilakukan dengan skala yang lebih besar daripada tahun-tahunnya lalu, yaitu 1,3 jura formasi pegawai gaes.

Menurut Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Politis Indoensia (Menpan RB), Tjahjo Kumolo jumlah ini belum pernah dilakukan pada CPNS sebelumnya gaes. 

Selain itu, jumlah ini juga direncankan bakal dibagi menjadi penerimaan ASN dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). 

Formasi kebutuhan ASN itu terdiri atas 1 juta guru PPPK, sekitar 189 ribu untuk pemerintah daerah, dan 83 ribu untuk instansi pusat gaes. Tak hanya itu, pada formasi pegawai untuk pemerintah daerah, jumlah itu bakal dibagi menjadi dua kategori, yaitu PPPK jabatan fungsional non-guru sebanyaj 70 ribu formasi, dan 119 ribu formasi untuk CPNS pegawai teknis. 

Pelaksanaan CPNS 2021 Diharapkan Mampu Peroleh SDM yang Uggul

Dengan tingginya jumlah formasi yang bakal dibuka pada seleksi ASN tahun 2021 ini, sama dengan harapan Wakil Presiden Ma'ruf Amin supaya bisa peroleh bibit ASN dengan kualitas SDM yang unggul gaes. Hal ini langsung disampaikannya pada pelaksanaan Rakor Penyederhanaan Bikorasi dan Pengadaan Calon ASN 2021 pada Maret lalu.

BACA JUGA: Fakta Viral Bentuk Perut Ibu Hamil yang Lonjong, Ada Penejelasan Dokter Gaes

Pendaftaran CPNS Dilakukan Lewat Portal Satu Pintu yang Sudah Terintegrasi

Sebagai informasi aja nih gaes, pelaksanaan pendaftaran CPNS 2021 bakal dilakukan lewat portal satu pintu dengan sistem yang sudah terintegrasi. 

Sistem ini dipakai untuk memudahkan peserta dalam melakukan proses pendaftaran di tengah situasi pembatasan sosial yang sedang diterapkan gaes.

Portal itu sendiri merupakan Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) dengan fitur yang sudah ditingkatkan. Oleh karena itu, peserta pun nggak perlu mengunggah dokumen yang diperlukan, sebab sudah terintegrasi dengan data yang ada pada sistemnya gaes. 

Selain itu, portal SSCASN ini bakal dipakai untuk pendaftaran seleksi CPNS, PPPK dan juga seleksi Sekolah Kedinasan gaes.

ASN yang Berbuat Curang Bakal Dikenakan Sanksi 

Menpan RB Tjahjo Kumolo mengatakan, bahwa CPNS yang dibuka tahun 2021 ini sudah diantisipasi sedemikian rupa supaya terhindar dari tindakan kecurangan, seperti pencaloan gaes. 

Gak cuma itu aja, ia juga mengatakan kalau ada ASN yang ketahuan terlibat dalam praktik kecurangan, bahkan jaringan pencaloan CPNS 2021 bakal dijatuhi sanksi berupa pemecatan dari jabatan lho gaes. Jadi, jangan sampai curang saat mengikuti pendaftaran CPNS ya gaes!

BACA JUGA: 5 Film Netflix yang Wajib Ditonton Versi Abel Jaitov, Thriller Sampai Black Comedy

Nah, itu dia fakta-fakta pendaftaran CPNS yang bakal segera dibuka pada bulan Mei sampai Juni 2021 gaes. Buat kamu yang minat jangan sampai ketinggalan untuk mendaftar ya! Semoga beruntung. 




Pendaftaran CPNS 2021Fakta fakta Pendaftaran CPNS 2021Pendaftaran Calon Pegawai Negeri SipilPendaftaran CPNS 2021 Segera DibukaFakta Pendaftaran CPNS 2021CPNS 2021CPNS

Share to: