Cerita Dibalik Lagu Dissolve Karya Piyu Padi Feat Dendy Mikes, Punya Lirik Penyemangat Penyintas Jantung

Cerita Dibalik Lagu Dissolve Karya Piyu Padi Feat Dendy Mikes, Punya Lirik Penyemangat Penyintas Jantung

Cerita Dibalik Lagu Dissolve Karya Piyu Padi Feat Dendy Mikes, Punya Lirik Penyemangat Penyintas Jantung

Kolase Foto Piyu Cerita di Balik Lagu Dissolve (Foto: Berbagai Sumber)


Musisi legendaris Piyu kembali merilis karyanya bersama mendiang Dendy Mike's berjudul Dissolve pada Senin 7 Juni 2021. Lagu ini memiliki lirik medalam dan bisa menjadi penyemangat penyintas penyakit jantung. 

Beberapa waktu lalu, KUYOU akhirnya mendapat kesempatan untuk mewawancarai Piyu secara eksklusif. Piyu pun mengungkap cerita hingga makna di balik lagu Dissolve. 

Menariknya, bersamaan dengan dirilisnya lagu ini, Piyu juga melibatkan Benihbaik.com dan Yayasan Jantung Indonesia untuk melakukan gerakan dan aksi kebaikan untuk penyintas penyakit jantung Indonesia.

BACA JUGA: Fakta dan Profil Wynne Tan, DJ Cantik asal Palembang yang Bertarung di MasterChef Indonesia

Lirik Dissolve bermakna dalam

Piyu mengungkap makna yang cukup dalam dari lirik lagu Dissolve. Menurutnya, lagu Dissolve ini bercerita tentang penyesalan seseorang dan pada akhirnya orang tersebut ingin menghilang atau dissolve.

"Lirik lagu ini sebenarnya bercerita tentang penyesalan seseorang. Tentang seseorang yang harus fight terhadap apa yang telah dilewatinya," ungkap Piyu. 

"Jadi dia merasa menyesal, lalu dia harus menarik diri. Kaya dissolve, kaya larut aja, menghilang," tambahnya lagi. 

Piyu juga menambahkan bahwa Dissolve ini bukan hanya berbicara soal percintaan saja. Lebih dari itu, lagu ini menceritakan soal spiritual seseorang. 

"Ini lebih ke spirital bonding ya. Jadi bukan hanya tentang pacaran atau tentang hubungan percintaan aja.Tapi lebih kepada bagaimana kita menyikapi suatu hal, daripada kita menyesali, lebih baik kita menjauh aja," tutur musisi band Padi Reborn ini.

Musisi asal Jawa Timur ini sengaja membuat lirik lagu Dissolve ini dalam bahasa Inggris. Pasalnya, ia merasa ada beberapa bagian lirik yang tak cocok jika menggunakan bahasa Indonesia dan maknanya jadi berbeda.

"Dissolve itu memang langsung kita bikinnya bahasa Inggris karena ada beberapa kalimat atau beberapa lirik yang saya rasa kayaknya nggak cocok kalo pake Bahasa Indonesia," kata Piyu.   

BACA JUGA: Kevin Hugo Rilis Debut EP di Mini Showcase A Bouquet Of Carnations Gaes

Cerita di balik lagu Dissolve

Pada tahun 2014 Piyu dan Dendy memang sering main bareng hingga membuat band bersama. Dari situlah Piyu memutuskan berkolaborasi denga Dendy dalam album solonya. 

Ada beberapa lagu yang dinyanyikan oleh Dendy, salah satunya adalah Dissolve. Namun, Piyu ternyata tak memasukkan lagu tersebut dalam album solonya. 

Lagu Dissolve sendiri belum sempat dirilis bahkan belum sampai pada tahap mixing. Saat itu lagu Dissolve hanya sekedar dinyanyikan oleh Dendy Mike's. Namun, pada tahun 2019 lalu, Dendy yang menyanyikan lagu ini meninggal dunia karena penyakit jantung. 

Pada 2021, Piyu kembali mendengarkan lagu yang dinyanyikan Dendy tersebut. Dari situlah Piyu merasa ada sesuatu yang belum selesai.

"Kok kayanya ada sesuatu yang harusnya kita sampaikan sekarang. Ada sesuatu yang tersimpan di situ," ungkap Piyu. 

"Ternyata kok relate banget dengan kejadiannya Dendy. Jadi almarhum Dendy ini meninggal karena sakit jantung kan," tambahnya lagi.

Dari situlah Piyu berniat untuk merilis single Dissolve tersebut. Piyu pun sempat sharing dengan istri mendiang Dendy, Cempaka soal perilisan tersebut. 

"Aku nemuin istri almarhum. Jadi aku samperin Mbak Cempaka itu terus aku minta izin sama beliau kan," kata Piyu. 

Libatkan gerakan bersama Benihbaik dan Yayasan Jantung Indonesia

Gitaris Padi Reborn ini nggak cuma sekedar merilis lagu aja. Ia juga ingin meneruskan mimpi Dendy yang belum terwujud. Ia lalu bertanya kepada istri Dendy soal mimpi Dendy tersebut.

Menurut penuturan istri mendiang Dendy, Cempaka mengungkap bahwa Dendy sangat suka terlibat dalam berbagai aksi kebaikan. Dari mulai membantu panti jompo hingga panti asuhan. 

Dari situlah Piyu tergerak untuk meneruskan kebaikan Dendy. Ia menggaet pihak Benikbaik.com dan Yayasan Jantung Indonesia untuk terlibat dalam gerakan peduli penyakit jantung. 

Nantinya dana yang terkumpul melalui Benihbaik.com akan diserahkan kepada Yayasan Jantung Indonesia untuk membantu para penyintas penyakit jantung serta mengedukasi soal kesehatan jantung. 

Keluarkan merchandise Dissolve

Dalam gerakan Project Dissolve ini, Piyu juga mengajak beberapa artis atau pelukis untuk menyerahkan karya lukisnya untuk diolah menjadi design merchandise Dessolve berupa masker, kaos, dan masih banyak lagi. Salah satu pelukis yang sudah terlibat adalah Tondi Hasibuan. 

Sementara itu, pihak Tendencies juga ikut memberikan support sebagai vendor produksi dan pihak pengelola merchandise Dessolve.  

BACA JUGA: Piyu Feat Dendy Mike's Rilis Single 'Dissolve', Libatkan Gerakan Untuk Penyintas Penyakit Jantung 




DissolvePiyu DissolveDissolve ProjectCerita di balik lagu DissolveLirik mendalam lagu DissolvePiyu Padi Feat Dendy MikesPenyintas Penyakit Jantung IndonesiaGerakan Dissolve

Share to: