Awal Mula Kejadian Kecelakaan 2 LRT Uji Coba Tabrakan di Cibubur

Awal Mula Kejadian Kecelakaan 2 LRT Uji Coba Tabrakan di Cibubur

Awal Mula Kejadian Kecelakaan 2 LRT Uji Coba Tabrakan di Cibubur

Awal Mula Kejadian Kecelakaan 2 LRT Uji Coba Tabrakan di Cibubur (Foto: Twitter @Irwan2yah dan Instagram @jakinfo_)


Baru-baru ini sedang viral dan ramai dibicarakan kecelakaan 2 kereta light rail trasit (LRT) yang sedang uji coba tabrakan di kawasan Cibubur, Jakarta Timur. Inilah awal mula kejadiannya.

Dua Kereta LRT yang sedang melakukan uji coba terlibat tabrakan di jalur LRT Cibubur, Jakarta Timur. Hal ini terjadi pada Senin, 25 Oktober 2021 pukul 13.00 WIB. 

Beruntung pada saat kejadian, tidak ada penumpang di dalam dua rangkaian kereta tersebut. Hanya saja terdapat masinis, namun beruntung masinis hanya mendapatkan luka ringan dan segera dibawa ke rumah sakit terdekat. Tabrakan kedua kereta LRT ini pun menjadi viral di media sosial.

Baca Juga: Awal Mula Kejadian Kecelakaan 2 Bus Transjakarta di MT Haryono, 3 Orang Tewas Termasuk Supir

Awal Mula Kejadian

Setelah banyak simpang siur mengenai awal mula kejadian dan kronologinya, PT INKA pun memberikan penjelasan resmi mengenai awal mula kejadian dan kronologi dua LRT ini bisa bertabrakan. Hal ini disampaikan lewat konferensi pers virtual yang disiarkan di kanal YouTube PT INKA Persero Official, Senin 25 Oktober 2021.

Tabrakan ini terjadi pukul 13.00 WIB yang melibatkan trainset 20 dan trainset 29 LRT Jabodebek. Yang terjadi di antara Stasiun Ciracas dan Stasiun Harjamukti. Kecelakaan ini terjadi saat pengujian.

Senior Manager PKBL, CSR & Stakeholder Relationship PT INKA (Persero) Bambang Ramadhiarto mengatakan terdapat satu rangkaian kereta yang langsir menabrak rangkaian lain tengah stabling di salah satu rel.

Kecelakaan kemudian terjadi saat trainset 29 dari Ciracas hendak menuju Harjamukti. Dugaan awal penyebab Tabrakan ini terjadi karena langsiran yang terlalu cepat.

Langsir sendiri merupakan pergerakan rangkaian kereta untuk berpindah jalur rel. Sementara, stabling adalah posisi kereta yang berhenti di salah satu rel. 

Masinis PT INKA yang sedang menahkodai LRT tersebut mengalami luka ringan dan tengah mendapat perawatan di rumah sakit.

Viral di Media Sosial

Sebelumnya, sebuah video kecelakaan tabrakan dua kereta LRT di Cibubur viral setelah akun Twitter @Irwan2yah mengunggah video tersebut di Twitternya. Cuitannya pun menjadi viral dan trending di Twitter Indonesia.

"Tabrakan LRT Cibubur di ruas Munjul Jakarta Timur siang tadi, Senin, 25/10/2021.Belum diketahui pasti kronologi kejadian tersebut.," tulis akun Twitter @Irwan2yah tersebut.

Hingga kini, cuitan yang berisi kondisi kedua LRT tersebut telah mendapatkan 158 retweet dan 244 suka.

Baca Juga: Kronologi Awal Mula Wali Kota Malang Sutiaji Langgar PPKM Level 3 Hingga Didenda Rp 25 Juta

Tak hanya di Twitter, video kecelakan tabrakan dua LRT ini juga viral di Instagram. Banyak akun-akun berita yang mengunggah video kecelakaan tersebut.




Kecelakaan LRT CibuburKronologi kecelakaan LRT CIbuburAwal kecelakaan LRT CibuburAwal kejadian kecelakaan LRTTabrakan dua LRT Cibubur

Share to: