Profil Muhammad Arif, Millennial Keren yang Jadi Ketum APJII

Profil Muhammad Arif, Millennial Keren yang Jadi Ketum APJII

Profil Muhammad Arif, Millennial Keren yang Jadi Ketum APJII

Profil Muhammad Arif, Ketum APJII (Foto: Instagram @m.arifangga)


Di era digital yang serba cepat ini, kemunculan pemimpin muda yang dinamis sangat dinantikan.

Muhammad Arif, seorang millennial keren yang kini menjabat sebagai Ketua Umum (Ketum) Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII).

Baca Juga: Sosok Tepat Pengganti Dirjen Aptika Kominfo dari Kalangan Profesional dan Bisnis

Nah, buat kamu yang penasaran dengan sosoknya? Yuk simak profil Muhammad Arif, sosok Ketum APJII di bawah ini.

Siapa Muhammad Arif?

Muhammad Arif adalah seorang millennial yang lahir di Jakarta, 4 Oktober 1986. Sejak muda, Muhammad Arif menyukai dunia teknologi. Hal ini yang membuatnya belajar lebih dalam mengenai teknologi di Bina Nusantara University jurusan S1 Sistem Informasi.

Karir Muhammad Arif

Muhammad Arif pernah menjabat sebagai Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Jaringan Telekomunikasi (APJATEL) periode 2019-2021.

Dia juga terlibat dalam berbagai organisasi internasional, termasuk sebagai anggota Indonesia Network Operators Group, Committee, dan Multistakeholder Advisory Board - Indonesia Internet Governance Forum.

Dalam kapasitas profesionalnya, dia menjabat sebagai Direktur Utama PT Sinergi Inti Andalan Prima Tbk dan Direktur PT Garuda Prima Internetindo (Flynet).

Tak berhenti sampai disitu, Muhammad Arif juga kini mendapatkan mandat untuk menjadi Wakil Ketua Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) periode 2023-2027, dan Wakil Ketua Dewan Pembina Asosiasi Penyelenggara Jaringan Telekomunikasi (APJATEL) periode 2021-2024.

Selain itu, dia juga merupakan Anggota Dewan Profesi dan Asosiasi Masyarakat Telematika Indonesia (MASTEL) periode 2024-2027.

Jadi Ketum APPJI

Sejak tahun 2021, Muhammad Arif menjadi Ketum Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) periode 2021-2024. 

Sebagai ketua APJII, Muhammad Arif memimpin APJII dengan gaya millennial agar tidak ketinggalan zaman. APJII saat ini mengelola 800 Internet Service Provider (ISP) dan lebih dari 2500 Internet Protocol (IP) Corporate pengguna di Indonesia.

Sebagai Ketum APJII, Muhammad Arif telah menunjukkan keterampilan dalam meningkatkan perencanaan strategis, masalah operasional, perencanaan keuangan, masalah Sumber Daya Manusia termasuk yang berkaitan dengan sektor kesehatan dan keselamatan, bahkan dalam memberikan layanan yang lebih baik kepada masyarakat.

Aktif di Forum Internasional

Muhammad Arif juga aktif menjadi pembicara di beberapa forum internasional, seperti Bird of Feather pada APNIC Conference 2022 di Singapura, APNIC Conference 2023 di Jepang.

Baca Juga: Visi Hilirisasi Digital Gibran Tuai Apresiasi dari Pakar Digital Muhammad Arif

JAPAN-ASEAN Information Sharing and Analysis Center di Jepang pada tahun 2023, dan Critical Information Infrastructure Protection (CIIP) Workshop di Vietnam pada tahun 2023.




Muhammad ArifMuhammad Arif APJIIProfil Muhammad Arif APJIIKarir Muhammad Arif APJIIKetum APJIIAsosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia

Share to: