Tips Tidur Berkualitas versi Dokter Tirta 2021, Relevan di Era Digital Gaes

Tips Tidur Berkualitas versi Dokter Tirta 2021, Relevan di Era Digital Gaes

Foto
Kolase Foto dan Tips Tidur Berkualitas versi Dokter Tirta 2021 (Foto: TikTok @tirtacipeng)

Simak yuk tips tidur berkualitas versi Dokter Tirta 2021 berikut ini. Siapa nih yang ngeluh tidurnya nggak berkualitas? Cocok banget nih tipsnya buat kamu.

Kualitas tidur menjadi hal yang penting banget bagi tubuh. Pasalnya, kualitas tidur inilah yang juga akan mempengaruhi kesehatan serta daya tahan tubuh kita gaes. 

Karena saat tidur di malam hari, tubuh kita akan kembali recharge. Artinya, saat kita tidur tubuh kita akan memperbaiki sel-sel dan otot-otot tubuh yang rusak atau yang sudah bekerja dengan keras selama sehari penuh.

BACA JUGA: Fakta-fakta Vaksin Bisa Besarkan Penis ala Podcast dr Tirta dan Deddy Corbuzier, Simak Nih Gaes

Ingat gaes, kualitas tidur itu berbeda dengan lamanya waktu tidurmu gaes. Mungkin kamu memang merasa jam tidurmu sudah cukup, yakni antara 5-6 jam. Namun saat bagun, kamu merasa kelelahan, nggak segar, dan tak bersemangat. Artinya kualitas tidurmu belum cukup baik. 

Salah satu hal yang mengganggu kualitas tidur dan sering nggak kita sadari adalah handphone. Terlalu banyak main gadget sebelum tidur juga ternyata punya penngaruh buruk lho gaes. Hal tersebut diungkapkan oleh Dokter Tirta melalui video TikToknya. 

Ini dia tips tidur berkualitas versi dokter tirta, relevan banget di era digital gaes. 

1. Jangan terlalu banyak main HP

Menurut Dokter Tirta, main Hp menjadi salah satu faktor yang menyebabkan tidur kita kurang berkualitas. Jadi, cobalah jangan membiasakan main HP sebelum tidur. 

"Kalau tidur kalian mau cukup, mau enak, berkualitas, jangan biasain main HP sebelum tidur," ungkap Dokter Tirta

Selain itu konsumsi protein dan air mineral juga penting untuk memperbaiki kualitas tidur kita gaes. 

2. Tidur berkualitas harus mencapai tiga fase

Tidur berkualitas bukan ditentukan dari durasi tidurnya gaes, melainkan harus mencapai tiga fase utama. Diantaranya adalah light sleep, deep sleep, dan rapid eye movement. 

Untuk mencapai fase deep sleep biasanya seseorang akan menempuh 90 menit dan tidur berkualitas biasanya menjalani 4 sampai lima kali deep sleep. 

Untuk mencapai deep sleep hal yang kamu lakukan adalah menjauhi benda-benda terang. Hal tersebut dilakukan agar otakmu lebih terjaga saat fase deepsleep.

Lalu hindari mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung zat aktif seperti cafeine. Karena cafeine jusru akan membuat otakmu tetap jalan meskipun sedang tidur.

Hal penting lainnya adalah buang air kecil sebelum tidur dan jika masih kurang tidur kamu bisa mencuri-curi waktu tidur saat siang hari. 

BACA JUGA: Dokter Tirta Sering OOTD Pakai Hoodie LGN, Apa Itu?

3. Sirkadian Rhythm dan Sleep Paralysis

Sirkadian Rhythm merupakan istilah yang berarti seperti alarm tubuh. Jadi, mau tidur jam berapapun tubuhmu akan terbangun sesuai dengan Sirkadian Rhythm di alam bawah sadar kamu. Hal tersebut bisa dimasukkan di alam bawah sadarmu, namun kamu harus deep sleep.

Sleep paralysis atau sering disebut tindihan. Sleep paralysis terjadi saat otakmu terbangun lebih dulu, namun tubuhmu masih belum siap karena energinya belum tercapai. Alhasil tubuhmu seperti kaku dan tak bisa digerakkan selama beberapa menit. Hal tersebut terjadi saat seseorang masih masuk dalam rapid eye movement dan belum masuk ke deep eye sleep.

Baca Juga: Fakta Dibalik Ribka Tjiptaning Digeser PDIP ke VII Karena Tolak Vaksin, Dokter Tirta Bersaura Gaes

Nah itu dia gaes tips dan trik tidur berkualitas versi Dokter Tirta. yang pasti bisa menjawab banyak pertanyaanmu soal tindihan ataupun hal lainnya seputar tidur gaes. 




Tips Tidur BerkualitasTips TidurTips Tidur Berkualitas Versi Dokter TirtaDokter TirtaTips Tidur era DigitalCara Tidur Berkualitas

Share to: