Mengenal Istilah On Eternal Patrol, Status Kapal Selam Nanggala 402 Saat Ini

Mengenal Istilah On Eternal Patrol, Status Kapal Selam Nanggala 402 Saat Ini

Mengenal Istilah On Eternal Patrol, Status Kapal Selam Nanggala 402 Saat Ini

Pengertian dan arti Kata On Eternal Patrol (Foto: berbagai Sumber)


TNI Angkatan Laut resmi menyatakan kalau KRI Nanggala 402 yang hilang lebih dari 3 hari ini dalam status On Eternal Patrol.

Diketahui bahwa kapal selam Nanggala-402 hilang kontak sejak Rabu, 21 April 2021. Sejumlah upaya pencarian oleh TNI AU hingga bantuan dari negara tetangga sudah dilakukan.

Diketahui bahwa KRI Nanggala-402 rencananya digunakan untuk melakukan latihan penembakan rudal di Laut Bali. Sayangnya, kapal selam yang membawa sekitar 53 awak ini terjadi hilang kontak. Sementara itu, cadangan oksigen hanya bertahan selama 72 jam.

Baca Juga: Masih Terus Dicari, Ini Sejarah dan Penyebab Kapal Selam Nanggala-402 Hilang Kontak

Kini kapal selam produksi Jerman ini dinyatakan subsunk alias tenggelam ke dasar laut dan On Eternal Patrol.

Lalu apa arti dari istilah On Eternal Patrol? simak ulasannya berikut ini.

Apa itu On Eternal Patrol?

On Eternal Patrol adalah sebuah istilah yang digunakan untuk kapal selam. Dalam bahasa Indonesia, istilah ini diartikan sebagai 'patroli abadi' atau tidak akan pernah kembali.

Saat kapal selam hilang, mereka dikatakan On Eternal Patrol.

Kapal selam biasa digunakan sebagai kendaraan tempur, dan istilah 'patroli' biasa digunakan kapal selam untuk penyebarannya. Sementara itu, patroli ini dimulai ketika kapal selam meninggalkan pelabuhan.

 Daftar Lengkap 53 Kru Kapal Selam KRI Nanggala 402 yang Hilang Kontak

Saat misi selesai, patroli berakhir ketika mereka kembali ke pelabuhan. Ketika kapal selam tenggelam, dan tidak berhasil pulang maka patroli itu dianggap "abadi."

Sejarah Kapal Selam Nanggala-402 

KRI Nanggala-402 merupakan kapal selam dengan tipe 209/1300. Kapal selam ini dibuat di Kiel, Jerman Barat.

Jadi perhatian masyarakat, ternyata Nanggala-402 ini dipesan oleh pemerintah Indonesia pada tahun 1977 dan mulai aktif digunakan pada 1981.

Nanggala-402 menggunakan sistem daya dorong yang berintikan motor diesel-elektrik Siemens low-speed. Tenaga kerjanya diketahui secara langsung disalurkan ke baling-baling di buritan.

Baca Juga: Napas Terakhir Kapal Selam KRI Nanggala 402, Para Tokoh Doakan Lekas Ketemu

Gak hanya KRI Nanggala-402, Indonesia juga masih memiliki 4 kapal selam lainnya yang masih aktif digunakan yakni KRI Cakra-401, KRI Ngapasa-403, KRI Ardadedali-404, dan KRI Alugoro-405 gaes.




On Eternal PatrolOn Eternal Patrol AdalahApa itu On Eternal PatrolArti On Eternal PatrolIstilah On Eternal PatrolSubsunkArti SubsunkNanggala 402KRI Nanggala 402

Share to: