Tanggapi Pernyataan Cak Imin, Gibran: Enak Banget ya Gus Jawabnya Sambil Baca Catatan

Tanggapi Pernyataan Cak Imin, Gibran: Enak Banget ya Gus Jawabnya Sambil Baca Catatan

Tanggapi Pernyataan Cak Imin, Gibran: Enak Banget ya Gus Jawabnya Sambil Baca Catatan

Debat cawapres, Minggu (21/1). (foto: Youtube KPU)


Dalam debat cawapres pada Minggu (21/1), cawapres nomor urut satu mendapat pertanyaan mengenai krisis iklim yang memengaruhi kualitas pangan di Indonesia. Cak Imin mengungkapkan harus adanya reformasi agraria, petani juga perlu diberi akses untuk mendapatkan pupuk dengan harga terjangkau, hingga pupuk organik yang perlu dikembangkan.

"Program perlindungan gagal tanam gara-gara iklim kita berikan, supaya petani kita merasa aman dan yakin dengan produksinya," tutur Cak Imin.

Baca juga: Tampil Santai, Gibran Pakai Pin One Piece hingga Jaket ‘Samsul Uzumaki'

Dalam kesempatannya untuk menjawab, Cak Imin sempat beberapa kali melihat catatan yang ada di podiumnya. Hal itu menjadi sorotan cawapres nomor urut dua, Gibran Rakabuming Raka saat menyampaikan tanggapannya. 

“Enak banget ya Gus ya, jawabnya sambil baca catetan tadi,” kata Gibran sambil tersenyum.

(foto: Youtube KPU)

“Kuncinya disini adalah ekstensifikasi dan intensifikasi lahan. Kita sudah bangun pabrik pupuk di FakFak. Kuncinya untuk meningkatkan produktivitas kita harus menggenjot kawasan industri pupuk,” kata Gibran.

Gibran juga menyebutkan pentingnya melibatkan generasi muda dalam sistem smart farming untuk mengatasi permasalahan ini hingga penggunaan drone untuk penyemprotan pestisida. 

Debat cawapres kali ini mengusung tema Pembangunan Berkelanjutan dan Lingkungan Hidup, Sumber Daya Alam dan Energi, Pangan, Agraria, Masyarakat Adat, dan Desa




Gibran RakabumingDebat CawapresPilpres 2024Pemilu 2024Politik 2024

Share to: