Ilmuwan: Asteroid Seukuran 2 Kali Monas Akan Tabrak Bumi Gaes!

Ilmuwan: Asteroid Seukuran 2 Kali Monas Akan Tabrak Bumi Gaes!

Foto

Ilmuwan: Asteroid Seukuran 2 Kali Monas Akan Tabrak Bumi Gaes! (Foto: Pixabay)


Belum lama ini, para ilmuwan memprediksi akan ada asteroid rasasa yang akan menabrak bumi. Kabarnya besar asteroid ini diperkirakan seukuran dua kali lipat dari Monas (Monumen Nasional).

BACA JUGA: Astronot Ini Lelang Foto Selife-nya di Luar Angkasa, Harga Mulai USD 4.000

Perlu diketahui gaes, menurut pada ilmuwan, setiap tahunnya memang selalu ada benda langit yang menabrak bumi. Namun terbakar habis ketika menembus atmosfer bumi. 

Berbeda dari sebelumnya, asteroid yang diperkirakan akan menabrak bumi berpotensi sebaliknya.

Asteroid seukuran 2 kali Monas akan tabrak Bumi  

Asteroid bernama Apophis ini diperkirakan berukuran sangat besar, yakni kurang lebih 300 meter. Atau kalau dibayangkan, seperti 2 kali Monas melayang di udara.

Menurut perkiraan, Apophis ini akan datang dalam waktu beberapa dekade mendatang.  Menurut prediksi para ilmuwan, asteroid ini akan sampai pada tahun 2068. Jadi, kita masih ada waktu 48 tahun lagi gaes untuk mengindar. 

Sebenarnya, kedatangan Apophis ini di luar perkiraan para ilmuwan. Karena ada kemungkinan asteroid melenceng dari jalur lintasannya akibat efek sinar matahari. 

BACA JUGA: Ini Ramalan The Simpsons yang Jadi Kenyataan, Dijamin Gak Nyangka

Upaya NASA menghindari asteroid menabrak bumi

Kira-kira apa ya yang bakal dilakukan NASA untuk menghindari tabrakan asteroid ini? 

Hingga kini, para peneliti NASA masih terus menjaga skenariolintasan dari benda langit tersebut. Beberapa kali, para peneliti juga merevisi jalur lintasan Apophis ini sejak pertama kali ditemukan pada 2004. 

Sebelumnya, Apophis juga sempat diprediksi menghantam Bumi pada tahun 2036, namun predisi tersebut direvisi. Kemudian ia juga diperkirakan datang pada 2029 dan masih direvisi kembali. 

NASA masih mencari cara untuk mneghindarai hantaman Apophis ke Bumi. Salah satunya dengan memblokirnya sebelum mencapai daratan. Sampai sekarang, rencananya NASA akan memanfaatkan pesawat luar angkasa untuk sengaja ditabrakan ke Apophis supaya menghindari hantaman besar sampai ke Bumi. 




IlmuwanNASAAseroid akan hantam bumiprediksi astoroidasteroid seukuran 2 kali monasApophis

Share to: